Pohon Tumbang Timpa Mobil di Bandung, 2 Orang Selamat

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 17:34 WIB
Sebuah pohon berukuran besar di Bandung tumbang. Pohon tersebut tumbang dan menimpa sejumlah kendaraan roda empat.
Pohon tumbang timpa mobil di Bandung (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Sebatang pohon besar di Jalan Bungur, Kota Bandung tumbang dan menimpa dua unit mobil hingga mengalami rusak parah. Dua orang selamat dalam kejadian ini.

Salah satu pemilik mobil, sekaligus saksi dalam kejadian ini, Imo (24) mengatakan, pada waktu kejadian angin di kawasan tersebut berhembus kencang. "Angin lagi gede, tiba-tiba jatuh (pohon)," kata Imo ditemui di lokasi kejadian, Kamis (8/4/2021).

Imo menyebut, dirinya sedang menghadiri acara di salah satu kafe tepat di dekat pohon itu tumbang dan mobil miliknya terparkir di sebrang pohon tersebut.

Menurutnya, pada waktu kejadian ada seorang ibu dan anak melintas di jalan itu. Beruntung ada dua mobil yang terparkir dan tertimpa pohon tersebut sehingga ibu dan anak tersebut selamat.

"Sebenarnya tadi ada ibu-ibu dan anak kecil lagi jalan, beruntung ada dua mobil ini, masih beruntung," ujarnya.

Imo menambahkan, durasi angin kencang itu berlangsung cepat. "Anginnya tidak terlalu lama, emang lagi kencang saja. Mobil saya yang Avanza putih," tambahnya.

Imo berharap, dengan ada kejadian ini Pemkot Bandung bisa memberikan kompensasi akibat kejadian ini.

"Ya berharap ada ganti rugi, pemerintah bisa membantu," harapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Roslina menyebut, DPKP3 akan memberikan santunan namun akan ditinjau dulu oleh pihak asuransi.

"Istilahnya santunan, kita lihat asuransinya dan posisi pohon. Belum tentu, nanti pihak asuransi yang nilai," ujarnya.

Lalu, langkah apa yang harus dilakukan oleh korban agar mendapatkan santunan tersebut?

"Minimal ada surat dari kepolisian dan diajukan ke DPKP3. Untuk kendaraan maksimal Rp 20 juta. Pokoknya ajukan dulu, nanti pihak asuransi yang akan menilai apakah bisa dibantu atau tidak," jelasnya.

Roslina menambahkan, setiap hari pihaknya selalu melakukan pemangkasan pohon dengan menerjunkan empat tim yang disebar diseluruh wilayah Kota Bandung.

"Kita tiap hari selalu lakukan pemangkasan pohon yang rawan dan permohonan warga. Ada empat tim, lima hari kerja, pemangkasan juga tidak satu pohon sehari, bisa berhari-hari," pungkasnya.

Simak juga 'Angin Kencang Hantam Parepare, Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon Tumbang':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mud)