Soal Larangan Mudik, Polda Jabar Tunggu Petunjuk Teknis dari Pusat

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 14:47 WIB
Ilustrasi perantau berbondong-bondong datang ke kota.
Ilustrasi pemudik (Ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Pihak Polda dan Dishub Jabar masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat berkaitan larangan mudik Lebaran tahun ini. Hal ini juga untuk memastikan nantinya ada atau tidak sistem penyekatan.

"Masih menunggu petunjuk teknis dari pusat," ucap Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Eddy Djunaedi via pesan singkat, Rabu (7/4/2021).

Kendati demikian, Eddy menjelaskan pihaknya sudah siap untuk melakukan pengamanan. Skema pengamanan pun sudah disiapkan.

"Kita skema pengamanan apapun sudah siap. Polda Jabar siap melakukan pengamanan," kata dia.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Hery Antasari. Dia mengaku masih menunggu arahan dari Kementerian Perhubungan untuk sosialisasi ke masyarakat.

"Saya masih menunggu peraturan menteri perhubungannya ya, takutnya nanti ada hal yang baru, ada hal teknis yang tidak sesuai. Tapi poinnya, kita sudah mulai berkomunikasi lah kepada PO PO, tapi melalui media sosial, melalui media (massa), sudah disebarkan," ucap Hery.

"Untuk sementara pegangan kita kan sudah banyak, lewat surat edaran 12 dari satgas nasional, kemudian surat edaran no 24 2021 dari Kemenhub bisa jadi patokan, cukup teknis. Itu jadi materi yang kita sosialisasikan, tapi tidak secara langsung ke PO dulu, takut ada perubahan," tutur dia menambahkan.

Sekadar diketahui, larangan mudik Lebaran 2021 ini berlaku pada 6-17 Mei 2021. Menko PMK Muhadjir Effendy memastikan cuti bersama Idul Fitri tetap ada, namun tidak untuk mudik.

(dir/bbn)