Tak Berizin, Pembangunan Pabrik di Majalengka Disegel Petugas

Bima Bagaskara - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 14:01 WIB
Penyegelan pembangunan pabrik di Majalengka.
Penyegelan pembangunan pabrik di Majalengka (Foto: Bima Bagaskara/detikcom).
Majalengka - Puluhan petugas gabungan dari Satpol PP, TNI Polri dan unsur pemerintah kembali mendatangi lokasi pembangunan pabrik yang ada di Desa Bongas Kulon, Kecamatan Sumberjaya, Majalengka, Rabu (7/4/2021).

Kedatangan puluhan petugas gabungan itu untuk menindaklanjuti terkait proyek pembangunan pabrik yang belum menempuh proses perizinan.

Pantauan detikcom, di lokasi masih banyak pekerja yang melakukan aktivitas menggunakan alat berat. Para pekerja itu langsung menghentikan aktivitasnya setelah petugas masuk ke kawasan tersebut.

Padahal sebelumnya petugas juga sudah mendatangi lokasi itu untuk meminta agar pembangunan pabrik tidak dilanjutkan sebelum proses perizinan ditempuh pemilik pabrik.

"Hari ini kami bersama petugas gabungan turun ke lokasi untuk menyegel dan menghentikan seluruh aktivitas pembangunan pabrik," kata Kasatpol PP Kabupaten Majalengka Toto Prihatno saat diwawancarai detikcom.

Menurut Toto penyegelan itu didasari oleh tidak adanya itikad baik dari pemilik pabrik untuk menempuh proses perizinan serta tidak mengindahkan surat teguran yang sudah 3 kali dilayangkan.

"Kami sudah memberikan tiga kali surat teguran tapi semuanya tidak diindahkan dan mereka tidak memiliki itikad baik untuk mengurus perizinan," ucapnya.

"Bahkan ketika dipanggil ke DPRD beberapa waktu lalu, pemilik pabrik ini tidak hadir sehingga Komisi I DPRD Kabupaten Majalengka meminta agar lokasi ini ditutup dan disegel," lanjut Toto.

Setelah meminta para pekerja untuk menghentikan aktivitas pembangunan pabrik, petugas juga meminta semua alat berat yang ada di kawasan itu untuk dikeluarkan.

Toto menegaskan pihaknya akan terus mengawasi lokasi pembangunan pabrik tersebut pasca penyegelan untuk mengantisipasi adanya pekerja yang kembali melakukan aktivitas.

"Kalau besok ada aktivitas lagi kami akan jemput paksa orang-orang yang berkepentingan di pabrik ini dan pastinya akan melakukan tindakan yang lebih tegas," pungkasnya.

Lihat juga video 'Meresahkan Warga, AVA OYO Jakarta Utara Disegel Satpol PP':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)