Aa Umbara Tersangka Korupsi, Hengky Kurniawan: Kita Doakan yang Terbaik

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 11:37 WIB
Hengky Kurniawan punya pesan untuk penerima vaksinasi COVID-19 di Bandung Barat
Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan (Foto: Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat -

Wakil Bupati Hengky Kurniawan angkat bicara terkait ditetapkannya Bupati Bandung Barat Aa Umbara sebagai tersangka kasus dugaan korupsi oleh KPK. Dia mengaku prihatin dan mendoakan yang terbaik buat Aa Umbara.

"Tentunya sangat prihatin dan kita doakan yang terbaik. Kita ikuti perkembangannya saja. Sedang sakit juga kan, tapi belum menjenguk karena ponselnya juga mati kan," ungkap Hengky saat dihubungi detikcom, Senin (5/4/2021).

Saat ditanya soal statusnya menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky mengaku masih menunggu arahan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Adapun terkait status Plt dan lain-lainnya, intinya saya menunggu arahan dari gubernur dan Kemendagri. Tidak etis juga membicarakan itu sekarang, karena Pak Bupati masih sakit juga kan," terangnya.

Kendati demikian Hengky mengatakan dirinya saat ini memang mulai sibuk membackup segala kegiatan kedinasan sejak Umbara diperiksa KPK beberapa waktu lalu.

"Sekarang otomatis segala kegiatan dan undangan-undangan kita backup dulu. Alhamdulillah jadi lebih sibuk juga," tandasnya.

KPK akhirnya menetapkan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi COVID-19 di Dinas Sosial KBB tahun 2020 oleh KPK pada Kamis (1/4/2021).

Selain Aa Umbara KPK turut menetapkan dua orang tersangka lain yakni Andri Wibawa sebagai swasta dan M Totoh Gunawan sebagai pemilik PT JDG (Jagat Dir Gantara) dan CV SSGCL (Sentral Sayuran Garden City Lembang).

Namun dua tersangka yakni Aa Umbara dan Andri Wibawa hari ini telah dilakukan pemanggilan. Namun yang bersangkutan mengkonfirmasi tidak bisa hadir karena sakit.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat Asep Sodikin mengatakan jika dirinya memang menerima informasi jika Aa Umbara sedang sakit dan menjalani perawatan di rumah sakit.

"Dapat info itu sedang sakit di RS Advent. Belum sempat (menjenguk), karena baru dapat kabar juga," kata Asep Sodikin saat dihubungi, Kamis (1/4/2021).

Simak juga video 'KPK Tetapkan Bupati Bandung Barat Tersangka Pengadaan Barang COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)