Wisatawan Padati Situ Cipanten Majalengka di Libur Panjang Akhir Pekan Ini

Bima Bagaskara - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 16:38 WIB
Pengunjung padati Situ Cipanten, Majalengka.
Pengunjung padati Situ Cipanten, Majalengka (Foto: Bima Bagaskara/detikcom).
Majalengka -

Libur panjang akhir pekan mulai dimanfaatkan masyarakat untuk berkunjung ke lokasi objek wisata. Di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat objek wisata Situ Cipanten mulai diserbu wisatawan dari berbagai daerah.

Pantauan detikcom Sabtu (3/4/2021) objek wisata yang berada di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang ini tampak dipadati pengunjung. Kendaraan roda dua dan empat memenuhi seluruh area parkir di lokasi wisata tersebut.

Wisatawan yang datang ke Situ Cipanten ini berasal dari berbagai daerah. Hal itu terlihat dari pelat nomor kendaraan. Selain kendaraan berpelat nomor wilayah 3 Cirebon, banyak juga kendaraan berpelat luar seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Tasik hingga Brebes.

Wisatawan memilih berlibur ke Situ Cipanten untuk menikmati keindahan alam berupa danau alami yang memiliki air berwarna biru dan sangat jernih. Tempat ini memang tepat dijadikan tujuan berlibur keluarga di momen libur seperti saat ini.

Desiana (32) salah seorang wisawatan asal Tasikmalaya mengaku sengaja datang berlibur ke Situ Cipanten bersama suami dan anaknya. Ia mengaku penasaran dengan keindahan alam Situ Cipanten yang ramai dibicarakan warganet di media sosial.

"Penasaran saya lihat di instagram disini (Situ Cipanten) bagus banget. Jadi kesini liburannya kebetulan ada kerabat juga di Majalengka sekalian mampir silaturahmi. Tapi bener sih sejuk banget disini bagus, sama kaya di instagram," kata Desi.

Wisatawan yang datang ke Situ Cipanten ini selain menikmati keindahan alam dan sejuknya udara yang masih asri juga lebih bisa menjajal beberapa fasilitas yang telah disediakan.

Selain berenang di danau dengan airnya yang bening, wisatawan juga banyak yang bermain wahana sepeda gantung. Tidak hanya itu, yang menjadi primadona di Situ Cipanten ini adalah dengan berfoto di atas perahu kayu.

"Ini saya lihat di medsos banyak foto-foto bagus di Situ Cipanten. Jadi saya kesini aja liburannya. Tadi udah coba foto di sepeda gantung, terus di atas perahu, habis itu tinggal berenang aja. Airnya seger banget kelihatannya," ungkap Adel Dini (29) salah seorang wisatawan asal Cirebon.

Meski dipadati wisatawan pada momen libur panjang akhir pekan ini namun pihak pengelola Situ Cipanten tidak mengabaikan penerapan protokol kesehatan.

Setiap wisatawan yang datang akan dicek terlebih dahulu suhu badannya. Kemudian wisawatan diminta untuk mencuci tangan dan wajib memakai masker selama berada di Situ Cipanten. Selain itu, pengelola Situ Cipanten juga membatasi jumlah wisatawan yang ada di dalam area.

"Kami tetap menerapkan prokes yang sangat ketat, pengunjung kita cek suhu badan, kita minta cuci tangan dan wajib pakai masker. Pembatasan juga dari kapastias 1.000-1.500 orang kita batasi setengahnya," ujar Yoseph Hendrawan pengelola Situ Cipanten.

Ia juga mengungkapkan di momen libur panjang kali ini terjadi peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Situ Cipanten. "Pengunjung di libur panjang ini meningkat sekali alhamdulilah, kisaran 30 sampai 50 persen dari hari biasa di masa pandemi ini," pungkasnya.

Simak juga 'Situasi Pantai Pangandaran yang Dipadati Wisatawan':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)