Tinjau Kilang Pertamina Indramayu, Menteri ESDM: Api Sudah Bisa Dikendalikan

Sudirman Wamad - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 15:07 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif tinjau kilang minyak Pertamina Indramayu.
Menteri ESDM Arifin Tasrif tinjau kilang minyak Pertamina Indramayu (Foto: Sudirman Wawad/detikcom).
Indramayu -

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meninjau lokasi kebakaran di kilang minyak Pertamina Indramayu. Dia memastikan kebakaran di kilang tersebut sudah berhasil diatasi.

"Alhamdulillah api sudah bisa dikendalikan. Sekarang dalam tahap proses penyelesaian. Masih dilakukan pemadaman ofensif dan pendinginan minyak-minyak yang berada di dasar," kata Arifin kepada awak media di Pertamina RU VI Balongan, Sabtu (3/4/2021).

Sebelumnya, api kembali menyala di kilang Pertamina Indramayu pada Jumat (2/4/2021). Arifin menyebut api kembali menyala karena adanya cairan minyak dalam suhu tinggi yang berada di ruang terbuka.

"Cairan minyak ini kontak dengan udara. Akhirnya menyala. Saat ini masih ada endapan minyak," kata Arifin.

Sebelumnya, pihak kepolisian membenarkan kejadian adanya tangki yang kembali terbakar di lokasi T-301. "Iya muncul lagi apinya. Tapi intensitasnya kecil," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago saat dikonfirmasi, Jumat (2/4/2021).

Erdi menuturkan api yang muncul itu di salah satu dari empat tangki yang sudah padam. Sekadar diketahui, sebelumnya empat tangki dinyatakan padam dari kebakaran.

Simak video 'Tangki Kilang Pertamina di Balongan Sempat Kobarkan Api Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)