Menengok 'Istana' Aa Umbara di Tengah Pemukiman Padat Penduduk di Lembang

Whisnu Pradana - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 12:54 WIB
Rumah Bupati Bandung Barat Aa Umbara
Rumah Bupati Bandung Barat Aa Umbara (Foto: Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat -

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna kini sudah ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi COVID-19 pada Dinas Sosial KBB tahun 2020.

Namun, politisi Partai NasDem itu kini dikabarkan tengah menjalani perawatan di rumah sakit karena kesehatannya menurun. Berdasarkan informasi, Aa Umbara dirawat di Rumah Sakit Advent, Bandung.

Sejak ditetapkan sebagai tersangka rumah Aa Umbara di kawasan Lembang terpantau sepi. Tak ada aktivitas keluarganya yang lain di rumah berukuran amat besar di banding rumah lain di sisi kiri dan kanannya.

Rumah orang nomor satu di Bandung Barat itu berada di tengah permukiman padat penduduk. Memiliki empat lantai rumah itu bak istana yang dihuni keluarga besar Aa Umbara sejak 2018 silam.

Tak cuma menjadi rumah paling megah di bandingkan warga yang lain, satu hal yang paling mencolok dari rumah Umbara yakni warna catnya yang dominan biru dan kuning, seakan menegaskan jika dirinya berasal dari NasDem.

"Ini memang yang paling megah. Seingat saya dibangun tahun 2018. Sebelumnya hanya dua lantai," kata seorang tetangga Umbara yang enggan disebut namanya, Sabtu (3/4/2021).

Dari penuturan warga juga, rumah Umbara dilengkapi lift. Ditambah banyak deretan kendaraan mewah yang terparkir di area basement. Namun berdasarkan pantauan detikcom, rolling door rumah Aa Umbara tertutup rapat sehingga tak bisa dilihat kendaraan apa saja yang terparkir di dalamnya. Belum lagi pagar rumah umbara yang menjulang tinggi juga terkunci. Hanya ada dua orang yang berjaga di dalamnya.

"Kabarnya keluarga sudah pindah dari rumah ini, katanya sih ngontrak tapi enggak tahu di mana," tambah warga tersebut.

Di mata warga, sosok Aa Umbara dikenal sebagai pribadi yang tak akrab dengan tetangga apalagi setelah dirinya menjabat sebagai Bupati Bandung Barat. Bahkan janji Aa Umbara untuk merenovasi balai RW sekaligus Pos PAUD pun tak kunjung direalisasikan.

"Waktu mau mencalonkan diri itu janji perbaiki balai RW, tapi sampai sekarang tidak jadi diperbaiki," sebutnya.

Simak video 'KPK Tetapkan Bupati Bandung Barat Tersangka Pengadaan Barang COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)