Libur Panjang, Pantai Pangandaran Diserbu Wisatawan

Faizal Aminuddin - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 09:44 WIB
Pantai Pangandaran
Sejumlah kendaraan mengantre masuk ke Pantai Pangandaran (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom).
Pangandaran -

Libur panjang akhir pekan ini objek wisata Pantai Pangandaran diserbu pengunjung. Libur panjang yang bertepatan dengan hari Paskah ini dimanfaatkan oleh warga dari berbagai wilayah di Jawa Barat untuk berwisata ke Pantai Pangandaran.

Pantauan detikcom, Sabtu (3/4/2021) ribuan wisatawan tampak menyemut di bibir Pantai Barat Pangandaran. Wisatawan asyik berenang, sebagian asyik menikmati suasana pantai sambil makan bersama.

Yusep Holis (45) wisatawan asal Tasikmalaya mengaku sengaja memanfaatkan libur panjang akhir pekan ini untuk mengajak keluarga berlibur ke Pangandaran. "Sudah setahun kami nggak mantai, kasihan anak-anak. Lagi pula sebentar lagi mau bulan puasa, ya sekalian munggahan," kata Yusep.

Pantai PangandaranWisatawan memadati Pantai Pangandaran (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom).

Munggahan adalah tradisi masyarakat Jawa Barat menyambut datangnya bulan Ramadhan. Munggahan umumnya dilakukan dengan cara berlibur dan makan bersama. "Harus munggahan dulu, biar anak-anak semangat puasanya," kata bapak beranak empat itu.

Terkait situasi pandemi COVID-19, Yusep mengaku khawatir namun dia memaksakan berlibur karena tak kuasa menahan desakan anak-anaknya.

"Khawatir ada, tapi namanya orangtua pasti mengalah kalau anak sudah merengek. Tapi saya usahakan menerapkan Prokes. Lagi pula pantai kan luas, jadi bisa menjaga jarak," kata Yusep.

Di tempat terpisah Ketua PHRI Pangandaran Agus Mulyana mengatakan para pelaku usaha pariwisata terutama hotel dan restoran sudah menerapkan protokol kesehatan.

"Kami PHRI ikut mengawasi penerapan Prokes di hotel dan restoran. Selain itu karyawan hotel juga sudah menjalani vaksinasi," kata Agus. Dia berharap upaya penerapan Prokes hotel dan restoran ini didukung oleh wisatawan.

Terkait tingkat okupansi di libur panjang akhir pekan ini dia membenarkan adanya kenaikan yang cukup signifikan. "Ada kenaikan lumayan, tapi angkanya atau prosentasenya belum kami rekap. Yang jelas lumayan meningkat," kata Agus.

Simak juga 'Tol Jakarta-Cikampek Macet di Hari Pertama Libur Panjang Paskah':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)