Tak Bawa Hasil Antigen, 150 Kendaraan Wisatawan Diputar Balik di Puncak

M. Sholihin - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 13:22 WIB
Kendaraan Wistawan di Puncak Bogor
Petugas memeriksa kendaraan wisatawan di Puncak Bogor. Wisatawan yang tidak membawa surat hasil antigen harus memutar balik kendaraannya. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bogor -

Petugas gabungan TNI, Polri dan Satpol PP bersama Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor menggelar operasi pemeriksaan surat hasil rapid antigen di kawasan Puncak.

Hasilnya, seratusan kendaraan wisatawan diputar balik tidak membawa surat keterangan negatif hasil rapid antigen. "Hari ini kita operasi yustisi, pemeriksaan surat hasil antigen terhadap wisatawan baik dari Bogor maupun dari luar Bogor yang bertujuan ke Puncak. Sejauh ini ada 120 kendaraan yang kita putar balik karena pengendara dan penumpang tidak membawa surat hasil antigen," kata Kasat Pol PP Kabupaten Bogor Agus Ridhallah di Gadog, Puncak, Bogor, Jumat (2/1/2021).

Operasi surat antigen digelar di Simpang Gadog menuju kawasan Puncak Bogor selama dua jam atau mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

Agus menyebut, intensitas warga yang berkunjung ke kawasan Puncak pada pagi hari ini cenderung lebih sedikit dibanding hari libur sebelumnya. Hal ini, kata dia, terlihat dari arus lalulintas yang tidak terlalu padat dan jumlah pengendara yang terjaring operasi yustisi.

"Tidak terlalu membludak hari ini warga yang menuju kawasan wisata Puncak. Harapannya kondisi ini sampai terakhir liburan Hari Raya Paskah ya," tutur Agus.

Namun. menurut dia, masih banyak warga yang masih membandel dan menghindari operasi yustisi yang digelar Satgas COVID-19 dengan mencuri waktu di saat tidak ada razia petugas.

"Beberapa dari wisatawan kan masih kucing-kucingan ya. Ketika kita siapkan petugas di sini pagi, banyak mereka yang datang ke Puncak ambil waktu subuh, ya mereka selalu mencari celah, mencari waktu ketika tidak ada razia di sini," ujar Agus.

Dia menjelaskan Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor akan melakukan penyekatan dengan menggelar operasi surat antigen jika arus kendaraan menuju kawasan puncak terpantau padat. "Kita dari Satgas Covid ini kondisional. Kalau kita melihat kepadatan, kita melakukan penyekatan, tapi kalau landai tentunya kita situasional," ujar Agus.

Usai menggelar operasi, lanjut Agus, Satpol PP Kabupaten Bogor akan melanjutkan kegiatan dengan pengawasan di lokasi-lokasi wisata dan titik-titik tertentu yang rawan terjadi kerumunan. "Standar pengawasan itu kan, usai operasi antigen di sini, petugas melakukan pengawasan di tempat-tempat rekreasi, antisipasi kerumunan dan lain-lain," ucap Agus.

Simak video 'Libur Paskah, Satgas Minta Warga Tak Bepergian Jika Tak Mendesak!':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)