ADVERTISEMENT

Ini Titik Tangki Terbakar di Kilang Pertamina Indramayu

Sudirman Wamad, Baban Gandapurnama - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 19:43 WIB
Asap hitam mengepul dari kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021). Pihak Pertamina sudah melakukan pendinginan di sekitar lokasi kebakaran untuk melokalisir kebakaran dengan mengerahkan sejumlah mobil pemadam kebakaran. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.
Tangki di kilang minyak Pertamina Balongan terbakar (Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara).
Indramayu -

Kebakaran terjadi di lokasi tangki T-301G PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Insiden kebakaran itu terjadi sekitar pukul 00.45 WIB.

Akibat kejadian itu 21 orang mengalami luka-luka. Lima di antaranya harus dirujuk ke RS Pertamina Pusat Jakarta karena mengalami luka berat.

Lokasi kebakaran tanki T-301G itu berada di samping Jalan Raya Cirebon-Indramayu, tepatnya di Kecamatan Balongan. Menurut data google maps, lokasi tangki yang terbakar ini berjarak sekitar 11 kilometer dari kantor simpang lima bunderan mangga Indramayu, bangunan ikonik yang ada di Kabupaten Indramayu. RU VI Balongan berada di dekat Pantai Balongan.

Dikutip dari pertamina.com, RU VI Balongan merupakan kilang keenam dari tujuh kilang milik PT Pertamina (Persero). Kilang RU VI Balongan beroperasi sejak 1994. RU ini memiliki visi menjadi kilang terkemuka di Asia.

Bisnis utama kilang Balongan adalah mengolah minyak mentah (Crude Oil) menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), Non BBM dan Petrokimia. Wilayah operasinya di Balongan, Mundu dan Salam Darma. Bahan baku yang diolah di Kilang RU VI Balongan adalah minyak mentah duri dan minas yang berasal dari Provinsi Riau.

Kendati terjadi kebakaran, Direktur Utama Pertamina, NickeWidyawati menjelaskan Pertamina akan memastikan pasokanBBM tetap aman, karena pola suplai yang telah diterapkan telah mengantisipasi adanya skenario emergency.

"Kami akan mengoptimalkan produk dari kilang lain, sehingga tidak ada kendala di dalam supply BBM. Karena sebetulnya processing plant yang utama tidak terdampak. Kebakaran hanya di daerah tanki saja. Kilang akan bisa segera dioperasikan kembali ketika sudah melakukan pemadaman," ujar Nicke dalam keterangan tertulis, Senin (29/3/2021).

Hingga saat ini petugas masih berjibaku memadamkan kobaran api. Kepulan asap hitam masih membubung di langit Indramayu. Seribuan orang pun masih diungsikan di tiga lokasi.

"Nanti didatangkan perbantuan (petugas damkar) dari (Pertamina) Cilacap. Mungkin sekitar tiga harian bisa padam kalau melihat situasi," kata Plt Sekretaris BPBD Kabupaten Indramayu Caya kepada detikcom melalui sambungan telepon, Senin (29/3/2021).

Lebih lanjut, Caya mengatakan saat ini petugas masih bersiaga di posko pengungsian dan penjagaan. Caya menyebutkan situasi di lokasi kejadian sudah terkendali.

Simak Video: Dahsyatnya Kebakaran Kilang Pertamina di Balongan

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT