ADVERTISEMENT

Tangki Balongan Terbakar, Pertamina Pastikan Suplai BBM ke Bandung-Cimahi Aman

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 14:47 WIB
Warga mengambil video dengan gawai miliknya saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/pras.
Kilang minyak Pertamina Balongan terbakar (Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara).
Cimahi -

Kebakaran hebat terjadi di kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu. Pertamina wilayah Cimahi dan sekitarnya menjamin stok BBM aman.

Sales Branch Manager Rayon I Bandung, PT Pertamina Warih Wibowo mengatakan kebakaran yang melanda kilang Balongan tak mengganggu jalur distribusi BBM untuk wilayah Bandung, Cimahi, dan sekitarnya.

"Saat ini penyaluran normal. Untuk wilayah Cimahi disuplai dari Terminal BBM Ujungberung dan Padalarang, di mana pasokan BBM-nya dari wilayah kilang Cilacap," ungkap Warih saat dikonfirmasi detikcom, Senin (29/3/2021).

Pihaknya meminta masyarakat agar tidak panik dan khawatir akan kelangkaan BBM buntut dari kebakaran tersebut. Pihaknya menjamin ketersediaan stok BBM di sejumlah SPBU di wilayah Bandung, Cimahi, dan sekitarnya.

"Untuk konsumsi BBM di Kota Cimahi itu per hari di kisaran 280 Kiloliter. Dan pasokannya sampai saat ini dijamin aman, karena itu tadi pasokan kita dari wilayah Cilacap," jelasnya.

Sebelumnya, kilang minyak Pertamina Balongan di Indramayu terbakar hebat. Titik kebakaran terjadi pada tanki T-301G. Insiden kebakaran tersebut berlangsung Senin (29/3/2021) dini hari, pukul 00.45 WIB.

"Terjadi insiden di kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G," kata Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya.

"Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir. Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran," kata Ifki menambahkan.

Lihat juga Video: Kebakaran Kilang di Balongan, Pertamina Pastikan Suplai BBM Aman

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT