Getaran Kuat Saat Kilang Pertamina Balongan Terbakar, Warga: Dikira Gempa

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 11:57 WIB
Indramayu -

Ledakan besar terjadi saat kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat terbakar pada Senin (29/3/2021) dinihari tadi. Ledakan itu dirasakan begitu kuat oleh warga yang tinggal di sekitar lokasi kilang minyak.

Seperti yang dirasakan Daroni (60) warga Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Indramayu. Ia mengungkapkan getaran akibat ledakan yang terjadi sekitar pukul 00.30 WIB itu sangat terasa.

"Pas kejadian kaget saya dikira ada gempa. Semalam itu saya sedang tidur di ruang tengah, getarannya terasa lama dikira saya ada gempa bumi. Kemudian ada suara ledakan besar," ucap Daroni saat ditemui di rumahnya.

Ledakan besar dalam insiden terbakarnya kilang minyak Pertamina Balongan juga mengakibatkan beberapa rumah warga rusak.

Salah satu rumah warga yang mengalami kerusakan ialah rumah milik Dariyah (45) yang juga berada di Desa Majakerta. Menurutnya akibat ledakan tersebut plafon rumah miliknya runtuh dan kaca jendela ikut pecah.

"Saya lagi tidur tiba-tiba plafon itu runtuh. Saya kaget dong langsung bangun dikira ada gempa, langsung keluar rumah aja waktu itu. Untungnya plafon tidak menimpa saya," singkat Dariyah.

Namun hingga saat ini belum diketahui pasti berapa jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan akibat ledakan kilang minyak Pertamina Balongan. Sementara saat ini masih banyak warga yang mengungsi lantaran takut akan terjadi ledakan susulan.

(mso/mso)