Kebakaran Kilang Pertamina Balongan, Polisi: Sterilisasi Radiusnya 2 Kilometer

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 09:21 WIB
Warga mengambil video dengan gawai miliknya saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/pras.
Kebakaran kilang Pertamina Balongan di Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. (Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Bandung -

Kebakaran terjadi di kilang minyak Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Dua kilometer area di sekitar lokasi kebakaran disterilisasi.

"Petugas keamanan dibantu pemerintah setempat dan instansi-instansi lain melakukan evakuasi yang berada di sana. Radiusnya satu sampai dua kilometer dari TKP. Sterilisasi tidak mendekat TKP di dua kilometer," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Erdi A Chaniago saat dihubungi, Senin (29/3/2021).

Erdi menuturkan pengamanan di lokasi kejadian dilakukan sejak malam tadi. Petugas gabungan mengantisipasi api yang kemungkinan bisa menyebar.

"Dari sejak awal tadi malam pengamanan baik di TKP maupun sekitar TKP karena ini menyangkut kebakaran kilang minyak yang tidak bisa kita prediksi apakah bisa dalam waktu cepat atau menyebar ke yang lain," kata Erdi.

Polisi turun tangan menyelidiki penyebab kebakaran kilang Balongan. Sejauh ini belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

"Ini nanti kita selidiki. Nanti kita selidiki dengan pihak Pertamina, apakah ada kebocoran di salah satu kilang minyak, apakah dari petir, nanti diselidiki," ujar Erdi.

(dir/bbn)