BP2MI Amankan 33 Orang yang Hendak Berangkat Ilegal ke Taiwan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 27 Mar 2021 17:37 WIB
Pekerja Migran Diamankan BP2MI Bandung
Pekerja migran yang diamankan BP2MI di Bandung. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Sebanyak 33 orang calon pekerja migran Indonesia (CPMI) diamankan Badan Perlindungan Pekerja Migran (BP2MI). Mereka diamankan dari sebuah tempat penampungan di Bandung.

Calon pekerja migran tersebut ditampung di sebuah tempat berlabel balai pendidikan di Jalan Padasuka, Kota Bandung. Tempat itu didatangi oleh tim gabungan BP2MI pusat dan UPT Bandung pada Sabtu (27/3/2021) dini hari.

"Setelah ada informasi dan perintah dari Kepala Badan (Kepala BP2MI) bisa dilakukan semalam dan langsung kita mendapatkan beberapa rekan-rekan yang saat ini sudah diamankan. Totalnya ada 33 orang semua," ujar Kepala UPT BP2MI Bandung Ade Kusnadi di kantor BP2MI Bandung, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.

Puluhan calon pekerja migran itu berasal dari sejumlah daerah di Indonesia. Mereka ditampung di tempat itu dari satu bulan hingga enam bulan.

Rencananya mereka diberangkatkan ke Taiwan untuk bekerja di sana. Mereka akan bekerja di sektor formal macam di pabrik dengan upah Rp 20 juta per bulan.

Menurut Ade, mereka direkrut oleh sponsor yang siap membantu keberangkatan mereka. Namun dari hasil penyelidikan diduga ada unsur unprosedural yang dalam perkara ini.

"Ini awalnya diberikan pelatihan. Namun kami telusuri perizinan lain pun belum bisa dibuktikan. Ternyata mereka dijanjikan ke luar negeri," tutur Ade.

Selanjutnya
Halaman
1 2