Bikin Resah, Buaya 2 Meter Ditangkap Warga Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 15:54 WIB
Seekor buaya berukuran dua meter berhasil ditangkap warga
Seekor buaya berukuran dua meter berhasil ditangkap warga (Foto: Istimewa).
Cianjur -

Seekor buaya berukuran 2 meter berhasil ditangkap warga Desa Karangwangi, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Buaya tersebut diduga merupakan sosok yang sempat viral usai terfoto pemancing di Muara Cisela Pantai Jayanti.

Informasi yang dihimpun, buaya dengan panjang 2 meter tersebut berhasil ditemukan warga dalam keadaan terjerat jaring nelayan pada Rabu (24/3/2021) malam.

"Jadi ada empat warga yang sedang mencari kerang di muara tersebut. Kemudian, melihat sosok buaya terjerat jaring. Mereka langsung memberitahu warga lainnya untuk membantu menangkap buaya tersebut," ujar Kapolsek Cidaun AKP Sumardi, Kamis (25/3/2021).

Dengan menggunakan jaringan ikan lain yang ada di sekitar lokasi, warga berhasil menangkap buaya tersebut. "Ditangkapnya sekitar pukul 21.00 WIB," kata dia.

Menurutnya buaya yang ditangkap dalam keadaan hidup itu langsung dibawa ke darat supaya tidak lagi meresahkan. Sebab sejak kemunculannya, warga dan para nelayan menjadi resah.

Sumardi mengatakan buaya tersebut kini sudah diserahkan ke BBKSDA untuk dilepaskan di habitat yang jauh dari pemukiman penduduk.

"Sekarang buaya itu sudah diserahkan ke BKSDA Gunung Sindul Bandung. Khawatir nantinya menyerang warga atau ada oknum tidak bertanggungjawab yang memburu buaya tersebut," katanya.

Ia menambahkan warga di kawasan Muara Cisela diharapkan tetap waspada, sebab diduga masih ada buaya muara di lokasi tersebut. Pasalnya buaya yang ditangkap lebih kecil dibandingkan yang dilihat dan terfoto oleh para pemancing.

"Tetap waspada. Jika melihat sosok buaya diharapkan melapor ke petugas," kata dia.

Belum lama ini, Warga Cianjur, Jawa Barat digegerkan dengan penampakan diduga buaya sepanjang 3 meter di kawasan Pantai Jayanti, tepatnya di Muara Cisela Kecamatan Cidaun.

(mso/mso)