Genjot Produktivitas BUMD Jabar, Ridwan Kamil Soroti Kualitas SDM

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 13:40 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah menggenjot produktivitas Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) agar bisa bangkit. Saat ini dari 40 BUMD yang dinaungi Pemprov Jabar, baru 24 di antaranya yang telah memberikan dividen.

"Kita punya 40 BUMD, yang ngasih dividen baru 24. Sisanya lagi saya bongkar satu-satu, ternyata keberhasilan 24 BUMD ini satu, yaitu SDM. Makanya kalau gubernur lagi ngatur-ngatur SDM jangan macem-macem, karena itu rumusnya, di situ jangan banyak titip menitip," ujar Emil--sapaan Ridwan-- di Hotel Intercontinental, Bandung, Selasa (23/3/2021).

Berkat manajemen SDM yang tepat ini pula, ujarnya, enam BUMD di Jabar bisa meraih titel juara BUMD terbaik di Indonesia. Enam BUMD Jabar itu terdiri PT Agro Jabar, PT Jasa Sarana, PT Jaswita, PT Migas Hulu Jabar, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb), dan PT Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar).

"Salah satunya Migas Hulu Jabar (MUJ) dividennya luar biasa, kedua setelah BJB, saya punya prinsip kepada perusahaan yang hasilnya baik, dividennya bagus itu boleh mengembangkan usahanya lebih luas," katanya.

"Makanya BJB mau buka cabang di NTB, NTT saya izinkan. MUJ juga sama, boleh di mana saja. Kebetulan saya juga terpilih sebagai Ketua BPEM (Penghasil Migas dan Energi Terbarukan), MUJ saya bawa juga, MUJ itu salah satu yang paling sukses mendapatkan jatah daerah participating interest atau PI. PI itu bagi hasilnya langsung dari investor, kalau dana bagi hasil kan masuk ke APBD dulu muter-muter dulu, baru ke daerah. Itu akibat negosiasi kita, MUJ dan lain-lain dua tahun lalu," tutur Emil menambahkan.

Emil berharap dua pertiga BUMD lainnya atau 30 BUMD di Jabar lainnya bisa menambah produktivitas sebelum masa akhir jabatannya berakhir. "Di zaman saya bisa dua per tiganya, jadi kalau dua pertiga, 40 kali dua per tiga sekitar 30-an lah. Itu targetnya," kata Emil.

PT Migas Hulu Jabar (MUJ) masih menunjukkan konsistensi dalam kontribusi pendapatan daerah melalui dividen. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2020 yang digelar di Hotel Intercontinental Bandung, MUJ memantapkan laba usaha senilai Rp 157,7 miliar sepanjang 2020.

Direktur Utama MUJ Begin Troys mengatakan saat ini rata-rata usia karyawan MUJ di angka 33 tahun. "Usianya hampir segitu, saya umur 42 tahun itu termasuk ke arah tua," ucap Troys.

Menurutnya, selain usia yang muda, latar belakang pendidikan dan pengalaman dari karyawan itu juga sangat penting. "Latar belakang pendidikan bagus, ada yang S1 hingga S3, baik dari dalam maupun luar negeri," ujar Troys.

(yum/bbn)