Viral Bonek Datang ke Bandung, Polisi: Kita Kembalikan

Muhammad Iqbal - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 14:39 WIB
Video kedatangan Bonek di Bandung viral di medsos.
Video kedatangan Bonek di Bandung viral di medsos (Foto: Tangkapan layar video viral).
Kabupaten Bandung -

Video kedatangan Bonek pendukung Persebaya tiba di Bandung viral di media sosial. Mereka tiba untuk memberi dukungan kepada Persebaya yang akan bertanding di Piala Menpora menghadapi Persik Kediri di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Kabupaten Bandung.

Kapolresta Bandung Kombes Hendra Kurniawan mengaku akan melakukan langkah antisipasi guna mencegah kedatangan suporter ke stadion. Pihaknya juga terus memantau pergerakan suporter jelang laga Persebaya melawan Persik Kediri.

"Sudah ada beberapa Bonek yang termonitor melalui media sosial. Namun bisa kita pastikan, bahwa mereka begitu sampai di sini (SJH), akan segera kita kembalikan," kata Hendra saat disinggung menyoal video viral tersebut, Senin (22/3/2021).

Hendra menegaskan tidak akan memberikan ruang bagi suporter untuk mendekati stadion. Petugas keamanan pun tidak akan memberikan tempat penampungan bagi suporter, mengingat akan menimbulkan kerumunan.

"Konsep kita di sini tidak menampung maupun memberi fasilitas. Yang kita lakukan adalah, ketika termonitor akan kita kembalikan ke asalnya. Baik itu kereta api atau kendaraan lainnya," kata Hendra.

Sementara itu, pihaknya menyiapkan sejumlah skema pengamanan di dalam dan luar stadion. Di dalam stadion akan ada pengamanan ketat yang terbagi hingga empat ring.

Sesuai dengan aturan yang berlaku, hanya akan ada 299 orang yang diizinkan masuk ke dalam stadion. Sebanyak, 75 petugas kepolisian disiapkan untuk pengamanan di dalam stadion.

"Sesuai aturan yang berlaku bahwa dalam situasi saat ini yang masuk stadion adalah 299 orang termasuk pemain, official dan petugas keamanan. Kami menurunkan sekitar 75 orang untuk ring dalam," terangnya.

"Untuk ring luar, tetap kita akan turunkan satu kompi, dengan tujuan agar siapapun itu tidak bisa masuk ke arena pertandingan. Kita sepakat pertandingan tidak akan dilakukan dengan penonton," pungkasnya.

Simak juga Video: TNI-Polri Turun Tangan Atasi Rusuh Suporter di Blitar

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)