Tahun Ini Pemkab Pangandaran Ajukan 1.117 Formasi CPNS dan PPPK

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 10:22 WIB
Ratusan CPNS mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Sport Center Arcamanik, Kota Bandung, Senin (14/9). Tes dilakukan dengan protokol kesehatan.
Ilustrasi tes CPNS (Foto: Wisma Putra/detikcom).
Pangandaran -

Pemerintah Kabupaten Pangandaran mengajukan formasi penambahan pegawai sebanyak 1.117 orang. Dengan rincian 480 CPNS dan 637 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Pengajuan itu berkaitan dengan rencana pemerintah pusat yang hendak melakukan seleksi CPNS dan PPPK dalam waktu dekat.

"Kami sudah mengajukan formasi 480 CPNS dan 647 PPPK untuk seleksi di tahun 2021 ini," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani, Senin (22/4/2021).

Namun demikian sampai saat ini pihaknya belum diperoleh konfirmasi berapa jumlah formasi yang akan diberikan oleh pemerintah pusat. "Karena formasi belum turun, jadi belum ada kabar yang bisa kami sampaikan menyangkut CPNS 2021. Jadwal pembukaan pendaftaran tes CPNS dan PPPK juga belum diketahui kapan," kata Dani.

Lantaran formasi belum ditetapkan oleh pemerintah pusat, jumlah seluruh formasi CPNS 2021 untuk Pemkab Pangandaran pun belum dapat diketahui. Meski banyak yang menyebutkan akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang, namun waktu tepatnya belum jelas.

"Untuk pelaksanaan tes sendiri, ada kemungkinan tidak akan dilaksanakan di Kabupaten Pangandaran. Mengingat belum ada tempat yang representatif. Bisa saja di Tasik lagi, seperti tahun-tahun sebelumnya," tuturnya.

Dani menyebutkan, anggaran untuk tes CPNS 2021 ini tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu dianggarkan sebesar Rp 900 juta. Tapi itu belum termasuk anggaran tes bagi PPPK.

"Harapan kami dengan jumlah pengajuan CPNS dan P3K sebanyak itu bisa memenuhi kebutuhan pegawai di lingkungan Pemkab Pangandaran. Walau pun berat, tapi kami akan usahakan secara bertahap," sebutnya.

Dani menambahkan, dalam proses tes CPNS dan PPPK di Kabupaten Pangandaran dijamin tidak ada biaya atau pungutan liar. Pihaknya meminta agar mengabaikan jika ada oknum yang menjanjikan bisa diterima CPNS dengan membayar sejumlah uang.

"Praktik percaloan akan sulit dilakukan dengan mekanisme penerimaan seperti sekarang. Harus tetap hati-hati, jika ada oknum tertentu yang melakukan pungutan liar, segera melapor ke kami," tambahnya.

Sebelumnya ramai kabar bahwa pengumuman formasi CPNS 2021 akan dilaksanakan pada akhir Maret ini. Berdasarkan informasi pendaftaran akan berlangsung pada April hingga Mei mendatang dan tes akan mulai dilakukan pada Juni 2021.

Lihat video 'CPNS Dibuka April-Mei, Ini Formasinya':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)