JAFEST 2021 Diikuti Ribuan Pelaku UMKM hingga Promosikan Wisata

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 17:27 WIB
JAFEST 2021 diikuti ribuan UMKM hingga mempromosikan wisata
Ketua IKA Unpad Irawati Hermawan (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Jabar Culture and Tourism Festival (JAFEST) 2021 digelar dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Kegiatan yang digelar di masa pandemi COVID-19 ini akan diikuti oleh ribuan pelaku UMKM di Jabar.

Sekedar diketahui, kegiatan ini diselenggarakan di lima kabupaten kota di Jabar, yakni di Kota Bandung, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Garut dan Kabupaten Cirebon dan berkolaborasi dengan IKA UNPAD, IA ITB, ILUNI UI dan HA IPB.

Ketua Umum IKA Unpad Irawati Hermawan mengatakan, setiap ikatan alumni akan membawa sekitar 500 pelaku UMKM.

"Pada hari ini sudah 500 UMKM yang tergabung dalam platform My Unpad, sudah masuk dan insyaallah dari masing-masing ikatan alumni akan bergabung kami berkomit dari setiap ikatan alumni minimal 500 UMKM bergabung, Insyaallah ada 2 ribu UMKM," kata Irawati di Gedung Sate, Minggu (21/3/2021).

Selain itu, UMKM dari Dekranasda dan satuan dinas di lima kabupaten kota itu juga akan bergabung dalam kegiatan ini.

"Dekranasda Bogor ada 100 UMKM, di Garut juga mudah-mudahan bisa bergabung dan yang menarik di Depok katanya ada 5 ribu UMKM bergabung," ungkapnya.

Irawati menambahkan, transaksi dalam kegiatan ini ditargetkan bisa mencapai Rp 5 miliar.

"Target transaksi minimal Rp 5 miliar dan kami mengundang perbankan untuk memberikan stimulasi, jadi Bank Mandiri sepakat beri stimulus cash back, kita juga akan berbicara dengan bank lain, BRI, BNI dan bank lainnya," tambahnya.

Irawati optimis target itu dapat tercapai, pasalnya saat ini di masa pandemi COVID-19 sudah berubah cara bersosialisasi, bekerja, bahkan bertransaksi. Jadi di masa pandemi ini, menurutnya akan lebih banyak berbelanja menggunakan digital platform, tidak ada lagi yang berjalan-jalan di pasar dan di mal. Pihaknya, mengupayakan pelaku UMKM tetap berjualan bahkan mencapai market lebih luas.

"Alumni IKA Unpad ada sekitar lebih dari 300 ribu, alumni UI ada sekitar 400 ribu, ITB 150 ribu anggota alumni, belum dari kota kabupaten pendukung dan provinsi. Ini akan jadi suatu platform yang besar dan akan mengangkat perekonomian Jabar melalui kekuatan budaya, parawisata, ekonomi kreatif dan UMKM, kita harap Jabar yang punya masyarakat sekitar 50 juta bisa jadi lokomotif perekonomian nasional," jelasnya.

Kegiatan ini digelar dari Tanggal 21 Maret hingga 21 April. Meski kegiatan ini digelar di Jabar, Irawati menyebut ada kebudayaan di luar Jabar yang akan ditampilkan dalam JAFEST 2021 ini yakni kebudayaan Betawi.

"Besok sampai lusa akan ada acara di Garut, di Bogor sudah lakukan soft opening kemarin dan Tanggal 28 akan ada acara di Depok. Akan sangat menarik ternyata di Jabar tidak hanya kebudayaan Sunda, di Depok kita akan lihat bagaimana kebudayaan Betawi dan kuliner Betawinya," paparnya.

Tak hanya itu, ikon-ikon Jabar juga akan ditampilkan, seperti Gunung Tangkuban Parahu yang dikenal dengan Legenda Sangkuriangnya.

"Sangkuriang legendaris Jawa Barat, kita harapkan dengan memperkenalkan ini orang jadi ingat oh Tangkuban Parahu, adanya di Jawa Barat, jadi kita kenalkan budaya untuk memicu orang-orang datang ke Bandung dan kita konekan ke wisata," pungkasnya.

Simak juga 'Lantik Pengurus MKGR, Airlangga Harap Golkar Rebut Suara UMKM':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mud)