Protes Jalan Rusak, Warga Bogor 'Memancing Ikan' di Tengah Kubangan

M Solihin - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 15:21 WIB
Sebagai bentuk protes, warga Bogor memancing ikan di kubangan jalan rusak
Sebagai bentuk protes, warga Bogor memancing ikan di kubangan jalan rusak (Foto: M Sholihin)
Bogor -

Sejumlah warga di Tamansari, Ciapus, Kabupaten Bogor melakukan aksi protes karena jalan di desanya rusak dan tak pernah diperbaiki selama 4 tahun.

Protes warga dilakukan dengan cara memancing ikan lele di kubangan jalan yang rusak. Aksi itu kemudian direkam dan tersebar luas melalui pesan elektronik dan media sosial.

Dalam video berdurasi 1 menit 48 detik itu nampak sejumlah warga yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak tengah memancing di sebuah kubangan jalan rusak.

Di kubangan sedalam mata kaki orang dewasa itu, juga nampak sejumlah anak-anak tengah berebut ikan lele berukuran besar. Ada ban bekas yang dibakar warga sebagai bentuk protes.

"Hari ini saya ada di jalan ciapus, daerah curug nangka, Tamansari, melihat aksi masyarakat tang jalannya rusak sudah bertahun-tahun, setahu saya memang sudah bertahun-tahun, tidak diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Bogor," kata seorang pria saat menarasikan video tersebut.

Warga Tamansari, Kabupaten Bogor Azas Tigor Nainggolan, menyebut keberadaan jalan rusak itu sudah terjadi sejak sekitar 4 tahun lalu. Namun menurutnya, belum pernah ada perbaikan.

"Itu video masyarakat melakukan protes mulai membakar ban dan berenang sambil menangkap ikan lele. Itu bentuk protes masyarakat. Informasinya sudah 4 tahun ngga pernah diperbaiki," kata Azas Tigor yang juga Ketua Forum Warga Jakarta (Fakta) keyika dikonfirmasi, Jum'at (19/3/2021).

"Lokasinya dekat jembatan Ciherang, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor," sambungnya.

Sementara Ketua Karang Taruna Desa Sukajaya, Asep menyebut, jalan rusak ini sangat menggangu aktivitas warga. Bukan hanya warga setempat, tetapi juga mengganggu akses wisatawan yang menuju lokasi-lokasi wisata di kawasan Tamansari dan sekitarnya.

"Kalau hujan jadi kubangan air gini, nanti kalau musim panas jalan ini kan jadi berpasir, jadi licin, banyak pengensara juga yang kecelakaan disini," kata Robi, warga yang tinggal tak jauh dari kubangan jalan rusak.

Robi berharap jalan rusak ini segera diperbaiki oleh Pemkab Bogor karena jalan ini menjadi akses utama warga berlalu lalang ke wilayah lain.

"Sudah 4 tahun ini rusaknya, katanya sih sudah diajukan tapi kok ngga pernah tuh diperbaiki. Kuta sih haralannya biar cepat diperbaiki saja ini jalan rusaknya," kata Robi.

(mud/mud)