MK Tolak Gugatan Sengketa Pilkada Kabupaten Bandung

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 19:28 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Ilustrasi (Foto: Andhika Akbaransyah)
Kabupaten Bandung -

Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan gugatan hasil Pilkada Kabupaten Bandung yang diajukan oleh pasangan Kurnia Agustina-Usman Sayogi. KPU Kabupaten Bandung akan segera menggelar rapat pleno untuk menindaklanjuti putusan MK.

"Tugas KPU menindaklanjuti putusan MK dengan mengadakan rapat pleno terbuka menetapkan pasangan calon terpilih, rencananya hari Sabtu mendatang. Setelah itu, KPU buat surat usulan pelantikan bupati terpilih kepada Kemendagri melalui gubernur," kata Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya saat dihubungi, Kamis (18/3/2021).

Sementara itu, Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua Tim Pemenangan Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan mengatakan bahwa perjalanan panjang proses demokrasi dan ketetapan hukum sengketa hasil Pemilu Kabupaten Bandung hari ini telah diputuskan dengan ketetapan oleh MK.

"Proses demokrasi dengan supremasi hukum yang barusan telah ditetapkan oleh hasil putusan Mahkamah Konstitusi. Ini merupakan pendidikan dan kesadaran berpolitik bagi masyarakat Kabupaten Bandung yang sangat matang," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom.

Phaknya berterimakasih kepada semua pihak utamanya para pendukung Bedas. Selain itu, ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun Kabupaten Bandung.

"Ini proses panjang, banyak keterlibatan semua pihak di sini, baik mulai panitia penyelenggara tingkat desa hingga Komisi Pemilihan Umum tingkat nasional, juga Badan Pengawas Pemilu. Kami ucapkan terima kasih. Utamanya, putra putri terbaik kabupaten Bandung yang kemarin mencalonkan, baik Teh Nia, Kang Usman, Teh Yena maupun Kang Atep. Yuk, kami mengajak semua untuk membangun Kabupaten Bandung ke depan," ungkapnya.

Cucun menghimbau kepada seluruh kader partai koalisi maupun relawan untuk tidak melakukan perayaan berlebihan yang akan melanggar protokol kesehatan.

"Ke depan, Bupati dan Wakil Bupati terpilih yaitu Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan memiliki tugas amat penting untuk menjaga keberlangsungan pemerintahan. Masih banyak PR yang mesti dikerjakan. Ini tentu saja, perlu kerja orang terlibat bersama," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bandung terpilih Dadang Supriatna mengucapkan banyak terima kasih baik kepada MK maupun kepada banyak pihak pasca keputusan MK siang tadi.

"Kami berterimakasih kepada MK sekaligus segenap pihak yang telah berjuang baik kader partai koalisi maupun relawan. Tak lupa, kepada Paslon nomor satu Teh Nia-Kang Usman dan nomor dua Teh Yena-Kang Atep, kami mengajak hayu membangun Kabupaten Bandung bersama lima tahun ke depan sehingga Kabupaten Bandung akan maju di masa yang akan datang," pungkasnya.

(wip/mso)