Bendungan Jebol, Dua Rumah dan Sawah di Cianjur Terkena Dampak

Ismet selamet - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 17:30 WIB
Rumah warga rusak akibat bendungan di Cianjur jebol.
Rumah warga rusak akibat bendungan di Cianjur jebol (Foto: Ismet Selamet/detikcom).
Cianjur -

Bendungan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTM) di Desa Cibanteng Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat jebol. Akibatnya dua rumah milik warga rusak serta sawah terendam.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Moch Irfan Sopyan menjelaskan bendungan yang dibangun tahun 2018, awalnya dialiri air secara bertahap untuk mengecek debit air pada bak penampungan.

Namun tiba-tiba salah satu bagian dinding bak penampung tersebut jebol yang mengakibatkan dua rumah, kebun serta sawah milik warga mengalami kerusakan.

"Rumah yang rusak ada dua, terus kebun sayur serta sawah milik warga juga rusak akibat tersapu air," ujarnya, Kamis (18/3/2021).

Berutung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun kerugian akibat ambruknya bendungan tersebut ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Disisi lain, Kepala Desa Cibanteng Muryani mengatakan pihaknya saat ini masih melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah pasti berapa banyak warga yang terdampak dari jebolnya bendungan tersebut.

"Berdasarkan hasil musyawarah bersama pihak PLTM, pihak PT siap mengganti semua kerugian warga. Mudah-mudahan secepatnya bisa diselesaikan," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan dan belum bisa memastikan penyebab pasti jebolnya bendungan tersebut.

"Kita sudah k esana dan akan menyelidiki apa penyebab jebolnya bendungan itu. Apakah karena tanah di tempat itu labil atau gimana. Kita sedang selidiki," ujarnya.

Tonton juga Video: Jokowi Resmikan Bendungan Sindang Heula: Cegah Banjir-Pembangkit Listrik

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)