Kampung di Sukabumi Belum Teraliri Listrik, PLN: Mudah-mudahan Tahun Ini

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 12:38 WIB
Suasana Kampung Sukasirna, Sukabumi.
Suasana Kampung Sukasirna, Sukabumi (Foto: Dokumentasi relawan sosial).
Sukabumi -

Warga di Kampung Sukasirna, Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi sudah sejak lama tidak mendapat layanan aliran listrik. PLN menyatakan saat ini proses pembangunan jaringan listrik tengah diupayakan.

Wiwin Darwati, Humas PT PLN (UP3) Sukabumi membenarkan pihaknya sudah menerima pengajuan soal jaringan listrik ke kawasan tersebut. Ia menyebut lokasi yang jauh dan akses jalan yang kurang bagus menghambat proses tersebut.

"Pengajuan tersebut sudah masuk ke PLN dan sekarang sedang dalam tahap proses. Kalau melihat dari data dan hasil survei ke lokasi bahwa kampung tersebut jaraknya jauh dan akses jalan kurang bagus," ungkap Wiwin saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (18/3/2021).

Selain persoalan itu, dijelaskan Wiwin, PLN memerlukan investasi yang tidak sedikit untuk pengadaan sarana prasarana di lokasi tersebut.

"Untuk merealisasikannya PLN memerlukan investasi yang tidak sedikit untuk pembangunan gardu, tiang TM dan tiang TR. karena di samping jaraknya jauh dan penduduknya juga tersebar," jelas dia.

"Mudah-mudahan pada tahun 2021 ini akan segera kami bangun. Kita doakan semoga tidak ada kendala baik dari wabah Covid ataupun kendala lainnya," ucap Wiwin.

Diberitakan, warga di Kampung Sukasirna, Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud hanya bisa memanfaatkan jaringan listrik dari panel surya yang hanya mampu bertahan selama lima jam saja.

Kondisi kampung tersebut ditemukan sejumlah relawan yang melakukan telusur kampung ke daerah Sukabumi Selatan. Selain soal jaringan listrik, keberadaan Kampung Sukasirna juga seolah terisolir oleh kondisi infrastruktur yang tidak memadai.

"Kami dari Yayasan Sehati Gerak Bersama, melakukan perjalanan ke kampung minim listrik ini bersama rekan dari Sabumi dan Gerakan Sukabumi Mengajar (GSM) pada Rabu (10/3) pekan kemarin," kata Andri Kurniawan, Ketua Yayasan Sehati Gerak Bersama, Kamis (18/3/2021).

Lihat juga video 'Progres TNI Membangun Daerah Tertinggal di Sukabumi':

[Gambas:Video 20detik]



(sya/mso)