Terdampak Pandemi, 7 Ribu Petani Majalengka Terima Bantuan Pestisida

Bima Bagaskara - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 16:00 WIB
Bupati Majalengka Karna Sobahi serahkan bantuan pestisida ke petani.
Bupati Majalengka Karna Sobahi serahkan bantuan pestisida ke petani (Foto: Istimewa).
Majalengka -

7 ribu paket pestisida diberikan kepada petani di Kabupaten Majalengka yang terdampak pandemi COVID-19. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Majalengka Karna Sobahi, Rabu (17/3/2021).

Bantuan ribuan paket pestisida bagi para petani Majalengka itu merupakan hibah dari sebuah perusahaan. Tercatat ada lima kecamatan di Majalengka yang menerima bantuan paket pestisida.

Lima kecamatan itu ialah Kecamatan Cingambul, Malausma, Argapura, Cikijing, dan Kecamatan Banjaran.

"Paket pestisida ini guna membantu para petani yang terdampak COVID-19 dengan harapan agar petani bisa terus produktif dalam mengolah lahan mereka," kata Karna di Pendopo Bupati Majalengka.

Menurutnya langkah pemberian bantuan tersebut juga dalam rangka untuk memulihkan ekonomi daerah di masa pandemi.

Karna juga mengatakan selain menyalurkan bantuan yang berasal dari corporate, Pemerintah Kabupaten Majalengka juga terus berupaya membantu masyarakat yang terdampak pandemi.

"Kami selalu berupaya memberikan support berupa bantuan kepada para petani di Majalengka agar para petani tidak kendur dan tetap bersemangat dalam mengelola lahan tani di masa pandemi ini," lanjutnya.

Itulah kenapa, kata dia, laju pertumbuhan ekonomi Majalengka tetap meningkat di tengah pandemi. Hal itu karena sektor pertanian sudah terbukti handal sebagai salah satu sektor terkuat dalam mempengaruhi ekonomi masyarakat Majalengka.

"Majalengka mendapatkan peringkat ke dua dari 27 kota kabupaten di Jawa Barat yang memiliki daya tahan ekonomi tinggi di tengah pandemi dengan laju pertumbuhan sebesar 0,88 persen. Maka kekuatan di sektor pertanian ini sangat penting," pungkasnya.

(mso/mso)