Sembuh Usai Kena Corona B117, Warga Bogor Kembali ke Afrika

M. Sholihin - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 11:28 WIB
Yellow SARS-CoV-2 lineage B.1.1.7 mutation virus tape barrier beyond a quarantine point.
Ilustrasi virus Corona B117. (Foto: Getty Images/iStockphoto/serts)
Bogor -

Dinkes Kota Bogor mengungkapkan seorang warganya yang sempat terpapar virus Corona B117 sepulang bekerja dari Afrika sudah sembuh. Warga itu kembali berangkat ke Afrika untuk bekerja.

"Pasien sudah sembuh dan bahkan sudah kembali lagi ke negara tempat dia bekerja, begitu ya kira-kira," kata Kepala Dinkes Kota Bogor Sri Nowo Retno saat memantau vaksinasi lansia di GOR Pajajaran Bogor, Rabu (17/3/2021).

Menurut Sri, pria asal Kota Bogor ini masuk daftar orang kasus ke-7 yang terjangkit virus B117 asal Inggris di Indonesia. "Sejauh ini menurut Kemenkes, ini kasus ke-7 yang ditemukan di Indonesia. Memang tidak semua yang dari luar negeri dilakukan pemeriksaan, kan pemeriksaannya secara acak. Kebetulan warga Kota Bogor yang terjaring dan positif," ucap Sri.

Pria tersebut dinyatakan terjangkit Corona B117 pada 1 Februari 2021. Hari itu, dia baru tiba di bandara Soekarno Hatta usai kunjungan kerja ke Afrika. Pasien tersebut berstatus orang tanpa gejala (OTG).

"Pasien sebetulnya ditemukan datang ke Indonesia tanggal 1 Februari, kemudian di PCR dan dinyatakan positif. Kemudian melakukan isolasi di wisma atlet dan dinyatakan sembuh," katanya.

"Kemudian pasien sendiri pulang ke rumah dan isolasi lagi di rumah selama dua hari, melakukan tes antigen dan PCR dan (hasilnya) sudah negatif. Kemudian di tanggal 1 Maret 2021 pasien sudah kembali bekerja ke luar negeri. Kondisinya juga OTG," tutur Sri menambahkan.

Sementara itu, 16 orang kontak erat dengan pria tersebut masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dan menunggu hasil PCR dari Litbangkes Kemenkes RI. "Terhadap kontak erat semua sudah di-tracing, sekarang spesimen sedang diperiksa di Litbangkes Kemenkes RI. Sambil menunggu hasilnya, 16 orang yang di-tracing itu sekarang isolasi," ucap Sri.

(bbn/bbn)