Cerita 153 Makam Jenazah Negatif Corona di Bandung Dibongkar-Dipindahkan

Siti Fatimah - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 14:46 WIB
TPU Cikadut, pemakaman khusus pasien covid-19
Foto: TPU Cikadut (Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Asep Supriadi selaku Pekerja Harian Lepas (PHL) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut Kota Bandung khusus COVID-19 mengungkapkan awal mula adanya pembongkaran dan pemindahan jenazah negatif Corona.

Dia mengatakan, kejadian tersebut sudah terjadi sejak lama terutama ketika ahli waris mendapatkan hasil negatif swab dari keluarga yang meninggal. "Itu sebetulnya udah lama juga cuman memang kalau hasilnya negatif. Kalau dulu kan dari rumah sakit hasil swab tidak keluar di hari itu juga," kata Asep saat ditemui detikcom di TPU Cikadut, Selasa (16/3/2021).

Asep mengatakan, dari pihak rumah sakit mengeluarkan hasil swab pasca tiga hari setelah jenazah dimakamkan. Kemudian jika ditemui hasil negatif, kata dia, banyak keluarga yang meminta untuk dipindahkan.

"Kurang dari seminggu, cuman jarang. Seringnya yang minta pas 40 harinya, yang langsung jarang kecuali pindahnya jauh. Kalau (tempat tinggalnya) jauh suka langsung dipindah setelah hasilnya negatif," ujarnya.

Adapun, jenazah negatif Corona yang sempat ia pindahkan hingga ke Sukabumi. "Itu pas begitu pemakaman, karena ahli warisnya enggak percaya kena COVID-19 langsung ditekankan ke RS dan hasilnya negatif langsung dipindahin, tahun lalu itu," ucapnya.

Pihaknya merasa heran karena kala itu, hasil yang dikeluarkan saat jenazah meninggal bukanlah negatif atau positif melainkan diduga ODP atau PDP. "Itu enggak langsung positif PDP, ODP. Enggak tau itu di rumah sakit. Kadang pas hari ini ada pembongkaran, bulan depan ada lagi hasilnya negatif. Kita antar pakai mobil jenazah," tuturnya.

Alasan permintaan pembongkaran dan pemindahan dari keluarga pun beragam. Asep mengatakan, rata-rata mereka tidak terima jika anggota keluarganya dinyatakan positif COVID-19 padahal tidak.

"Satu enggak nerima, kedua, kenapa harus disini kalau kenyataannya hasilnya negatif. Jauh dari rumah, pengen deket sama keluarganya. Kebetulan hasilnya negatif, kalau yang hasilnya positif belum pernah dengar (diminta dipindah)," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, dari 999 makam yang ada di TPU Cikadut, hanya 258 yang terkonfirmasi positif Corona. Artinya sebanyak 741 makam bukan pasien COVID-19.

Kemudian 153 makam negatif Corona di TPU Cikadut dipindahkan oleh pihak keluarga. "Kuota sekitar 5 ribuan, yang sudah terisi 999 dan yang makam dipindahkan ada 153. Itu data per 14 Maret," kata Kadistaru Kota Bandung Bambang Suhari melalui sambungan telepon, Selasa (16/3/2021).

Lihat juga Video: 3 dari 7 Jenazah di Makam COVID-19 Parepare Ternyata Dipindah ke Pinrang

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)