Hengky Kurniawan Mau Bikin Sirkuit Road Race di Padalarang

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 15 Mar 2021 15:17 WIB
Wakil Bupati Kabupaten Bandung Hengky Kurniawan
Wabup Bandung Barat Hengky Kurniawan (Foto: Siti Fatimah/detikTravel)
Padalarang -

Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan bakal membuat sirkuit road race untuk mewadahi bakat-bakat pembalap dari wilayah Bandung Barat.

Rencana pembuatan sirkuit itu juga melibatkan nama besar untuk digaet sebagai investor, salah satunya Bambang Soesatyo atau Bamsoet yang merupakan Ketua MPR RI sekaligus ketua umum Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Hengky sendiri sudah menyampaikan rencana tersebut kepada Bamsoet saat dirinya menyambangi politikus Partai Golkar itu ke kediamannya beberapa pekan lalu. Bak gayung bersambut, Bamsoet merespon rencana Hengky dengan tangan terbuka.

"Betul saya sudah tawarkan Pak Bamsoet untuk ikut membuat sirkuit road race di Bandung Barat. Jadi sirkuitnya itu untuk road race ya bukan untuk mobil jadi lebih kecil dan tidak luas," ungkap Hengky saat dihubungi, Senin (15/3/2021).

Pada bulan Maret ini Bamsoet dan beberapa pengusaha lokal dijadwalkan bakal melakukan kunjungan balasan menindaklanjuti ajakan Hengky.

"Rencananya di bulan Maret ini mereka akan ada kunjungan balasan untuk mensurvei lokasi. Nanti kalau sudah lihat lokasi kan mereka bisa memutuskan apakah bakal diseriuskan atau tidak mengucurkan dana buat bantu pembuatan sirkuitnya," terangnya.

Dirinya mengaku tak mau meminta jatah dari APBD Bandung Barat untuk membuat sirkuit tersebut dan lebih memilih menggaet investor karena APBD Bandung Barat difokuskan untuk penanganan COVID-19.

"Jadi sirkuit itu saya ajak investor saja, tidak perlu menggunakan APBD karena APBD difokuskan untuk yang lain yah terutama COVID-19," bebernya.

Hengky sendiri sudah melirik lahan seluas lebih dari dua hektare di kawasan Gunung Bentang, Padalarang. Posisinya yang ada di tengah-tengah, dianggap strategis apalagi dekat dengan akses Tol Padalarang.

"Untuk lokasi kita pilih di daerah Gunung Bentang, perbatasan Padalarang-Cipatat atau tepat di belakang Kota Baru Parahyangan. Karena di sana kan dekat dengan tol, kemudian juga ada waterboom park yang sedang dibangun oleh Kota Baru Parahyangan, jadi menunjang sekali pastinya," jelasnya

Lihat juga Video: Terus Dikebut, Ini Perkembangan Pembangunan Sirkuit Mandalika

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)