Direkomendasikan Maju Pilgub Jabar, Syaiful Huda: Saya Figur Cadangan

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 17:05 WIB
Syaiful Huda kembali pimpin PKB Jabar
Syaiful Huda (Foto: Istimewa)
Karawang -

Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda mengapresiasi adanya dorongan dari DPC Karawang untuk maju di Pilgub Jabar. Namun, dirinya figur cadangan di PKB.

"Saya apresiasi rekomendasi hasil Muscab PKB Karawang yang mendorong saya maju Pilgub," katanya saat dihubungi melalui gawai, Jum'at (12/3/2021) pagi.

Namun, diakuinya, ia hanya figur cadangan selain di internal PKB. Mengingat, masih banyak kader senior dari partai pimpinan Muhaimin Iskandar tersebut.

"Tapi masih ada tokoh senior seperti H. Cucun Ahmad Syamsurizal, Ketua Fraksi PKB DPR-RI, terus ajengan KH. Maman Imanul Haq dari Majalengka, Fraksi PKB DPR-RI. Posisi saya jadi pemain cadangan saja, pemain utamanya beliau dulu," ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam kompetisi Pilgub nanti, PKB menargetkan para calon dari internal partai.

"Sebagaimana fitrahnya partai politik dalam momentum kompetisi politik manapun partai harus siap, tidak terkecuali PKB pada konteks inilah Pilgub yang akan datang PKB bakal mendorong figur atau kader internal," jelasnya.

Ditanya terkait kesiapan PKB, menetapkan kadernya menjadi gubernur atau wakil gubernur.

"Itu tergantung koalisi yang akan terbentuk. Karena PKB menyadari betul bahwa Pilgub dengan rumusan yang masih 20 persen kursi itu artinya PKB masih butuh koalisi," tuturnya.

Lanjutnya, PKB sudah memiliki modal 12 kursi, tentunya perlu 8 kursi, yang diambil dari koalisi nantinya.

"Untuk mencalonkan gubernur. Dinamika ini pasti akan terjadi. Saat ini PKB baru bermodalkan 12 kursi masih butuh 8 kursi lagi," jelasnya.

Ditambahkannya kembali, PKB masih terbuka untuk menetapkan figur untuk Pilgub nanti.

"Apakah mungkin nanti bareng dengan Kang Emil, yang sekarang diusung PKB, atau figur yang lain juga yang diusung partai lain. Prinsipnya pasti mungkin terjadi, karena prosesnya masih mencair. Karena itu sambil proses ini berjalan," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua DPC PKB Karawang yang baru terpilih dalam Muscab, Rahmat Hidayat Djati mengungkapkan hasil muscab, merekomendasikan Syaiful Huda untuk maju dalam Pilgub 2024 nanti.

"Kami dari PKB Karawang, hasil muscab merekomendasikan Ketua DPW PKB Jabar, Syaiful Huda untuk maju dalam Pilgub 2024," ujarnya saat di acara Muscab PKB Karawang, di salah satu hotel, Minggu (7/3/2021) lalu.

Simak juga video 'PKB soal Pilgub DKI: Tidak Mudah Anies Baswedan Kalahkan Risma':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)