Pembunuhan Berantai 2 Wanita Bogor, Pelaku Diduga Incar Gadis Lain

M. Sholihin - detikNews
Kamis, 11 Mar 2021 20:50 WIB
Pelaku pembunuhan di Bogor.
Foto: Pelaku pembunuhan di Bogor (M. Sholihin/detikcom).
Bogor -

Polisi mengamankan 1 kantung plastik hitam berukuran besar saat menangkap Muhamad Rian alias Rian, pembunuh berantai di Bogor. Polisi menduga, kantung plastik ini sengaja disiapkan dan akan digunakan pelaku untuk mengeksekusi dan membuang korban berikutnya.

"Kalau kami melihat ada 1 kantung plastik hitam yang belum digunakan, maka kami menduga ada indikasi untuk menyiapkan perbuatan berikutnya," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro, Kamis (11/3/2021).

Terkait itu, kata Susatyo, akan didalami lebih lanjut. Pihaknya juga akan memeriksa jejak digital pelaku untuk mengetahui dengan siapa saja pelaku berkomunikasi di media sosial.

"Ini yang masih kita dalami, apakah ada korban lain selain dua korban ini atau ada yang sedang jadi sasarannya," katanya saat membawa pelaku Rian ke lokasi temuan mayat Elysa Lisnawati di kebun kosong di sekitar makam keramat Mbah Arya Megamendung, Kabupaten Bogor.

Susatyo menyebut, pelaku Rian berprilaku seperti sedang melakukan pembunuhan berantai. Indikasi ini, terlihat dari kondisi pelaku yang seperti menikmati perbuatannya.

"Sekali lagi ini upaya kami jangan sampai ada korban berikutnya. Ini adalah termasuk dalam kaitan serial killer atau pembunuh berantai, tidak hanya sekitar 2 minggu melakukannya (pembunuhan pertama) tapi TSK kembali melakukannya dan ada kecenderungan untuk menikmati dengan meninggalnya dua korban tersebut," beber Susatyo.

Selain mengamankan kantung plastik warna hitam, polisi juga mengamankan perhiasan dan pakaian kedua korban, handphone milik korban yang di dalamnya terdapat akun medsos dan bukti digital, uang serta rekaman CCTV saat pelaku bersama korban.

Pelaku Rian ditangkap di tempat persembunyiannya di kawasan Depok Jawa Barat pada Rabu (10/3/2021) malam. Awalnya, Rian diburu karena diduga membunuh Diska Putri yang mayatnya ditemukan dalam kantung plastik di Jalan Raya Cilebut, Kota Bogor.

Namun kemudian dalam pemeriksaan terungkap kalau Rian juga membunuh Elysa Lisnawati yang mayatnya ditemukan di sekitar makam keramat Mbah Arya Megamendung Puncak Bogor.

(mso/mso)