Jelang SBMPTN 2021, Ini Kuota dan Lokasi UTBK UPI

Siti Fatimah - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 14:36 WIB
Kepala Seksi Publikasi dan Pengelolaan Media Humas UPI Deni Darmawan
Foto: Kepala Seksi Publikasi dan Pengelolaan Media Humas UPI Deni Darmawan (Siti Fatimah/detikcom).
Bandung -

Jelang pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merilis kuota penerimaan mahasiswanya. Di tahun ini, UPI menerima 4.561 mahasiswa dari total keseluruhan penerimaan 10.115 mahasiswa baru.

"Merujuk pada ketentuan LTMPT, kuota untuk jalur seleksi SBMPTN untuk PTN bh sebesar 30 persen dari kuota daya tampung setiap program studi. Berdasar hal tersebut, kuota untuk keseluruhan jalur seleksi SBMPTN UPI yaitu 4.561 peserta dari total daya tampung," kata Kepala Seksi Publikasi dan Pengelolaan Media Humas UPI, Deni Darmawan di Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Selasa (9/3/2021).

Lebih lanjut, di tahun ini UPI menerima calon mahasiswa dari lulusan SMA/SMK dan sederajat dari tiga tahun terakhir yaitu 2021, 2020, 2019. Seluruh program studi yang berada di enam kampus UPI membuka penerimaan di antaranya UPI Cibiru, Tasikmalaya, Serang, Sumedang, Purwakarta, dan UPI Setiabudi.

Kemudian, dalam pelaksanaannya UPI pun kembali melakukan pelaksanaan UTBK SBMPTN di beberapa lokasi. Nantinya, calon mahasiswa yang mengikuti UTBK dapat memilih lokasi yang berdekatan dengan lokasi asalnya.

Direktur Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Asep Supriatna secara virtual menambahkan, lokasi UTBK SBMPTN di civitas akademika UPI akan mengikuti peraturan LTMPT. Sementara ini yang sudah disiapkan di lima lokasi.

"Pusat UTBK ini di Cibiru, Purwakarta melayani sekitarnya dan sumedang. Kemudian di UPI Bumi Siliwangi, kampus mitra Politeknik Negeri dan Politeknik Pos. Sementara untuk yang lainnya saat ini belum karena masalah lokasi yang jauh yaitu Tasikmalaya dan Serang," ujarnya.

Dia mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, UPI juga menyediakan lokasi pelaksanaan UTBK SBMPTN bagi calon mahasiswa Disabilitas. "Nanti kita siapkan ruangan khusus untuk siswa disabilitas agar dapat mengikuti UTBK," tuturnya.

Adapun persyaratan khusus SBMPTN UPI 2021 terletak saat calon mahasiswa memilih prodi bidang Seni dan Olahraga, diwajibkan mengunggah portofolio. "Kalo di SBM, mahasiswa bidang olahraga dan seni menggunakan portofolio," kata Asep.

Sekedar diketahui, jadwal registrasi SBMPTN 2021 yaitu pada 7 Februari-12 Maret 2021 di portal LTMPT dengan menggunakan NISN, NPSN dan tanggal lahir. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan pendaftaran UTBK SBMPTN pada 15 Maret-1 April 2021 di laman yang sama.

(mso/mso)