Akibat Hujan Deras, Kawasan Padasuka Sumedang Terendam Banjir

Muhammad Rizal - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 20:48 WIB
Rumah di kawasan Padasuka Sumedang terendam banjir
Rumah di kawasan Padasuka Sumedang terendam banjir (Foto: istimewa)
Sumedang - Warga Dusun Cibitung, RT 2/3, Desa Padasuka, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang mengalami bencana banjir yang bercampur lumpur, Senin (8/3/2021). Untuk pertama kalinya wilayah tersebut mengalami bencana banjir yang cukup besar.

Menurut Yono (60) warga asli Dusun Cibitung tersebut bencana banjir ini baru pertama kalinya terjadi selama dirinya tinggal, bahkan banjir sampai memasuki rumah warga.

"Berpuluh-puluh tahun saya tinggal disini, baru saat ini terjadi banjir," kata Yono saat ditemui dilokasi Senin (8/3/2021).

Yono juga mengatakan bahwa bencana banjir ini karena intensitas hujan yang besar sehingga Sungai Cibitung meluap, bukan hanya air namun banjir kali pertama terjadi ini juga bercampur dengan lumpur yang cukup pekat.

"Di sini hampir semua rumah rata terdampak banjir, kurang lebih ada 20 rumah yang terendam banjir bercampur lumpur," ujarnya.

Dirinya juga menduga banjir kali ini disebabkan dengan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu yang tidak ada resapan atau pembuangan, sehingga aliran air berdampak ke Dusun Cibitung tersebut.

"Tapi setelah adanya pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, karena mungkin tidak ada resapan dan pembuangan, aliran air berdampak ke Dusun Cibitung," tutur Yono.

Pantauan dilapangan, ketinggian banjir pada sore hari tadi mencapai 1,5 meter, warga pun berharap agar pemerintah setempat agar menyelesaikan bencana banjir di Dusun tersebut yang baru pertama kali terjadi. (mud/mud)