Antisipasi Corona B117, Dinkes Majalengka Awasi Warga dari Luar Negeri

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 12:09 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona B117. (Ilustrator: Edi Wahyono)
Majalengka -

Virus Corona B117 asal Inggris sudah masuk ke Indonesia. Hal itu mulai menjadi perhatian Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka untuk memperkuat strategi antisipasi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Majalengka Gandana Purwana mengatakan pihaknya mengaku siap menangani pasien yang terjangkit Corona B117 jika ditemukan di Majalengka. "Kita sih siap-siap saja, tapi itu kan kita belum bisa mendeteksinya langsung yang varian baru ini. Itu harus dari pusat yang menentukan karena diteliti khusus, jadi kita belum bisa mendeteksi varian baru itu," kata Gandana kepada detikcom di kantornya, Senin (8/3/2021).

Persoalan menjadi perhatian pihaknya berkaitan virus Corona B117 yaitu kedatangan warga Majalengka yang kembali dari luar negeri. Ia segera berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja serta instansi terkait lainnya guna mengawasi kepulangan warga dari luar negeri.

"Kita harus antisipasi warga Majalengka yang pulang dari luar negeri. Saya kira akan dites dulu di bandara jika naik pesawat dan harus dikarantina," ujarnya.

"Tapi kalau kami tetap siap menangani Corona ini, yang positif kita tangani apapun variannya. Sampai sekarang belum ada temuan varian baru itu di Majalengka," ucap Gandana menambahkan.

Saat ini Dinkes Majalengka memiliki tiga alat PCR yang ditempatkan di RSUD dan Labkesda. Alat PCR tersebut menurutnya semakin mempercepat proses mendeteksi pasien positif.

"Kita sekarang sudah punya mesin PCR di dua RSUD dan Labkesda, jadi makin cepat hasil tes swab keluarnya. Kalau dulu kan dikirim ke Bandung dan Cirebon, sekarang kita sudah punya alat sendiri," kata Gandana.

Tonton video 'Rute Pelacakan Varian Corona B117 hingga Terkonfirmasi Masuk RI':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)