Geng Motor yang Ditangkap Gegara Acungkan Celurit Jadi 10 Orang

Bahtiar Rifai - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 22:36 WIB
Geng Motor di Serang
Polisi menangkap anggota geng motor di Serang. (Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom)
Serang -

Kepolisian total mengamankan 10 orang yang melakukan aksi mengacungkan senjata tajam di Jalan Ahmad Yani Kota Serang yang viral di media sosial. Total ada 36 orang yang telah diidentifikasi polisi dari sekitar 100 orang yang terlibat.

"Polres Serang kota dan kabupaten telah mengamankan 10 orang kelompok geng motor yang mana hasil pengembangan dari aksi geng motor viral," kata Dirreskrimum Polda Banten Kombes Martri Sonny kepada wartawan di Polres Serang Kota, Minggu (7/3/2021).

Kesepuluh yang diamankan adalah inisial E, K, MR, A, AA, I, B, F, A, dan N. Sementara 26 orang yang sudah diidentifikasi masih dilakukan pengejaran.

"Lebih kurang 100 orang, mereka menggunakan motor berboncengan sambil mengacung-acungkan senjata tajam ada gosir, celurit. Jadi video viral itu sudah mengganggu kamtibmas," katanya.

Geng Motor di SerangPolisi memperlihatkan barang bukti senjata tajam geng Motor di Serang. (Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom)

Video viral itu, Marty mengungkapkan terjadi pada Sabtu (6/3) dini hari pukul 03.00 WIB. Mereka berkomunikasi melalui grup geng motor All Star yang rencananya mencari musuh mereka untuk dikeroyok.

Satu orang disinyalir jadi ketua geng motor ini atas inisial A masih dalam pengejaran polisi. Ia diduga yang menghasut kelompoknya untuk konvoi dan melakukan pengeroyokan ke geng motor lain di Kota Serang.

Polisi sendiri belum menetapkan tersangka untuk para geng motor yang diamankan. Namun, bila terbukti mereka bisa diancam pasal 160 jo Pasal 11 ayat 1 huruf A, jo Pasal 26 Perda 1 2020 tentang Penanggulangan COVID-19.

"Termasuk undang-undang darurat karena tidak semuanya membawa senjata tajam, sementara senjata tajam yang ada (diamankan) 7," ujarnya.

(bri/mud)