Ini Lokasi Maling Motor Berpistol Todong Kerumunan Warga di Garut

Hakim Ghani - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 14:00 WIB
Curanmor berpistol di Garut beraksi siang hari
Aksi koboi maling motor di Garut (Foto: Tangkapan layar video viral)
Garut - Aksi koboi maling motor beraksi sembari menenteng pistol terjadi di Garut. Aksi meresahkan itu terjadi di siang bolong dan sempat terekam kamera warga.

Kejadian tersebut berlangsung pada Jumat (5/3) di Jalan Raya Cikajang, Kecamatan Cikajang, Garut sekira pukul 17.00 WIB. Peristiwa berlangsung saat warga masih ramai beraktivitas.

Dalam video berdurasi 25 detik yang viral, terlihat dua orang maling motor sedang beraksi di lokasi. Mereka diketahui mencuri sebuah motor di lokasi tersebut saat kejadian berlangsung.

Diduga lantaran aksinya kepergok warga, salah satu pelaku yang terlihat menggunakan jaket bermotif loreng dan kupluk mengeluarkan pistol dan menodongkannya ke arah kerumunan masyarakat di seberang jalan.

Dalam video itu terlihat masyarakat tidak ada yang berani mendekat. Seorang pelaku lainnya tampak bergegas menaiki motor.

Atas kejadian tersebut, polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Kapolsek Cikajang AKP Amat Rahmat mengatakan, pihaknya sedang menelusuri keberadaan para pelaku.

"Kita dalami, kita melakukan upaya-upaya. Kalau soal senjata, kami belum yakin itu senjata asli. Kemungkinan hanya mainan," ungkap Amat.

detikcom mencoba menelusuri titik lokasi di mana peristiwa itu terjadi. Berikut berita selengkapnya.

Berdasarkan penelusuran detikcom via Google Maps, Minggu (7/3/2021), lokasi kejadian itu berada tepat di depan SDN 1 Cikajang, Jalan Raya Cikajang. Lokasinya juga tak jauh dari Puskesmas Cikajang yang berada di depan bangunan sekolah.

Berdasarkan pencocokan visual antara foto hasil tangkapan layar dengan Google Maps (gambar Jalan Raya Cikajang diambil Google Maps Juli 2019), lokasi dua garong motor beraksi itu berlangsung di trotoar SDN 1 Cikajang.

Dari video yang viral, terlihat salah satu pelaku mengacungkan pistol ke arah kerumunan warga yang ada di sebrang jalan. Dalam video itu terlihat ada bangunan bercat hijau yang merupakan bangunan Puskesmas Cikajang.

Lokasi aksi koboi maling motor mengacungkan pistol itu sendiri ramai oleh aktivitas masyarakat. Sebab, lokasinya berada di jalan protokol dan dekat Alun-alun Cikajang yang jadi pusat keramaian warga di kecamatan tersebut.

Dalam kejadian yang berlangsung Jumat sore itu, diketahui kedua maling tersebut berhasil menggondol sebuah sepeda motor milik masyarakat.

Aksi keduanya sebenarnya dipergoki masyarakat, namun tidak ada yang berani mendekat karena pelaku menodongkan pistol yang sekilas terlihat mirip senjata api jenis Revolver tersebut.

Video tersebut ramai diperbincangan setelah beredar di media sosial. Warganet memperbincangkan kejadian itu sebagai aksi begal. Namun, pihak kepolisian menyatakan hal tersebut merupakan aksi pencurian kendaran bermotor (Curanmor).

"Bukan begal, tapi curanmor. Ada korban yang kehilangan motor," ujar Amat.

Tonton juga Video: Polisi Tangkap 60 Maling Motor di Bogor, Warga Berdatangan

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)