Polisi Tangkap Pemuda yang Bertingkah Bak Koboi Jalanan di Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 17:39 WIB
Pelaku aksi koboi di jalanan cianjur
Foto: istimewa (dok.Polres Cianjur)
Cianjur - Polisi berhasil menangkap MMF (23) pelaku tindak kekerasan dan penodongan layaknya koboy jalanan kepada seorang pengendara di jalan protokol di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kasatreskrim Polres Cianjur AKP Anton, mengatakan usai kejadian aksi koboy jalanan viral di media sosial dan korban melakukan pelaporan, polisi langsung melacak keberadaan pelaku dari plat nomor mobilnya.

Didapati pelaku ternyata merupakan mahasiswa yang tinggal di wilayah Kecamatan Karangtengah. "Kami langsung tangkap pelaku di rumahnya di Kecamatan Karangtengah tadi malam," ujar Anton, Sabtu (6/3/2021).

Tidak hanya menangkap pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa sepucuk pistol airgun.

"Pistolnya bukan pistol asli melainkan airgun. Kami amankan untuk memastikan apa pelaku memiliki surat resmi kepemilikan airgun tersebut," kata dia.

Menurutnya, pelaku saat ini sudah mendekam di sel tahanan Mapolres Cianjur. Dari keterangan pelaku, pistol tersebut dibawa untuk berjaga-jaga.

"Alasannya untuk jaga-jaga. Tapi dengan sengaja pelaku ini mengeluarkan dan menembakkan pistol tersebut pada korban yang meminta pertanggungjawaban usai mobilnya diserempet pelaku," kata dia.

Atas perbuatannya pelaku dikenakan pasal 351 KUHP junto 335 KUHP. "Pelaku juga akan dikenakan undang-undang darurat karena membawa senjata berbahaya yakni airgun berupa pistol," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, aksi koboi seorang seorang pengemudi mobil di Cianjur, Jawa Barat viral di media sosial. Bahkan pelaku sempat menyerempet mobil dan menodongkan 'pistol' pada korbannya.

Aksi koboy jalanan itu terjadi di ruas Jalan Siti Jenab Kelurahan Pamoyanan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (3/3/2021) malam.

Informasi yang dihimpun, kejadian itu berawal ketika korban berinisial DR (23) yang tengah mengemudi mobil tiba-tiba diserempet mobil pelaku di ruas Jalan Siliwangi tepatnya di dekat Kantor Kecamatan Cianjur.

DR pun berusaha mengejar penyerempet mobilnya itu untuk meminta pertanggungjawaban. DR mengaku sudah meminta pelaku tanggungjawab usai menyerempet mobilnya secara baik-baik. Namun pelaku yang diketahui MMF langsung menodongkan senjata yang diduga pistol. Tidak hanya ditodong, korban juga dipukul di bagian lengan okeh pelaku menggunakan pistol tersebut.

Bahkan menurut DR, pelaku juga sempat mengacungkan 'pistol' ke atas kemudian menodongkan ke perutnya.

"Saya sempat ditodong dan pelaku itu juga sempat mau menembakkan pistolnya tetapi tidak meletus. Tidak tahu karena tidak ada pelurunya, atau memang itu pistol mainan. Soalnya dibungkus kain putih," kata DR.

DR segera berteriak meminta pertolongan warga. Namun MMF langsung kembali ke mobilnya dan kabur.

Simak juga 'Rekonstruksi Aksi Koboi Kakek Tembaki Mobil Bos Tekstil di Solo':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)