Round-Up

Jejak Varian Baru Virus Corona B117 yang 'Dibawa' Dua TKI Asal Karawang

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 09:59 WIB
Di Asia, Negara Mana Saja yang Sudah Temukan Corona B117? Cek di Sini
Foto: infografis detikHealth
Bandung -

Dua warga Karawang terjangkit mutasi baru virus Corona B117. Keduanya yang merupakan TKI terjangkit usai pulang dari Arab Saudi ke tanah air.

Terungkapnya dua warga Karawang terjangkit virus Corona B117 itu bermula dari pernyataan Ridwan Kamil. Gubernur Jawa Barat itu mengungkapkan ada warganya yang terpapar virus baru tersebut.

"Varian baru virus Corona diberitakan sudah ada di Indonesia, masuk di Karawang. Kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad (Universitas Padjadjaran) untuk meneliti UK B117 ini," ujar Ridwan Kamil di RSP Unpad, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

Kang Emil sapaannya mengungkapkan ada dua orang yang terjangkit virus tersebut. "Terdeteksi ada di Karawang dari warga Karawang yang bepergian dengan pesawat Qatar Airways. Jadi makanya dua orang Karawang ini tercatat bepergian internasional," katanya.

Kang Emil tak menjelaskan dari negara mana dua warga Karawang ini bepergian. Namun, kata dia, keduanya sudah menjalani isolasi begitu mendarat di tanah air.

"Sesuai prosedur mendarat diisolasi 10 hari, sudah dilaksanakan namun ternyata prosedur 10 harinya sudah, tapi virusnya tidak mau hilang. Oleh karena itu tim sedang melacak, mengisolasi tambahan, tracing, testing lagi terhadap kontak erat," kata Emil.

Belakangan asal usul keduanya terungkap. Mereka merupakan TKI yang baru pulang ke tanah air dari Arab Saudi.

Data disampaikan Dinkes Karawang, dua orang itu inisial M (40), warga Kecamatan Lemah Abang, dan inisial A (45), warga Kecamatan Pedes. Pihaknya belum mengetahui pekerja M dan A di Arab Saudi.

"Untuk pekerjaannya, kami tidak tahu jelasnya, yang pasti bekerja sebagai TKI di Arab Saudi," kata Plt Kadinkes Karawang Nanik Jodjana, Rabu (3/3/2021).

Nanik menjelaskan dua TKI yang pulang dari Arab Saudi tersebut tiba di Indonesia berbeda hari dan waktu melalui Bandara Soekarno-Hatta. Keduanya menjalani tes PCR. Hasilnya positif terpapar virus Corona B117.

Pihak berwenang kemudian meminta keduanya menjalani karantina di sebuah hotel di Jakarta. "Setelah dites lagi, hasilnya sudah negatif," kata Nanik.

"Jadi B117 ini kasus pertama di Indonesia, berasal dari UK, Inggris, September 2020. Penyebarannya lebih cepat dibanding Corona di Indonesia," ucap Nanik.

Belakangan juga diketahui salahsatu warga yang sempat positif Corona B117, sudah pulang kampung ke rumah orangtuanya di Brebes.

Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh sudah berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 untuk mengantisipasi virus Corona B117. "Kami sudah turunkan tim di dua lokasi di mana TKW itu tinggal, untuk segera melakukan tracing dan penanganan lainnya," tutur Aep.

Meski kini dua TKI tersebut sudah negatif, kata dia, Pemkab Karawang tidak ingin lengah. "Ini jenis baru (B117), tentunya. Kami sudah antisipasi secara cepat dan tentunya harus benar-benar aman di masyarakat. Jangan sampai ini menjadi ketakutan dan kekhawatiran nantinya," ucap Aep.

Simak video 'Kronologi Varian Virus Corona B117 Masuk ke Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/ern)