Pelaku Jambret Seret Korban di Bandung Dibekuk Polisi

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 16:34 WIB
Jambret bermotor yang Seret korbannya di Bandung ditangkap
Jambret bermotor yang Seret korbannya di Bandung ditangkap (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung - Polisi berhasil menangkap pelaku penjambretan yang membuat korban terseret. Pelaku terpaksa ditembak kakinya akibat kabur saat hendak ditangkap.

Pelaku bernama Riki Dwi Novianto (23) tersebut diamankan tim gabungan Sat Reskrim Polrestabes Bandung dan Unit Reskrim Polsek Kiaracondong. Pelaku ditangkap usai kabur ke Karawang pada Kamis (4/3).

"Kemarin diambil di Karawang. Kita hadiahi timah panar karena yang bersangkutan berpindah-pindah," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Adanan Mangopang di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (5/3/2021).

Selain mengamankan pelaku, polisi juga menangkap salah seorang penadah. Penadah tersebut ditangkap lebih dulu sebelum polisi menangkap pelaku penjambretan.

"Kita sentuh dulu ke rumah yang bersangkutan (penadah) di Sumedang. Kemudian kita kembangkan dan kita dapatkan tersangka di luar wilayah Bandung," tutur dia.

Adanan menuturkan kejadian penjambretan itu dilakukan oleh Riki pada Senin (1/3) di kawasan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. Video aksi penjambretan itupun viral di media sosial.

Menurut Adanan, dalam menjalankan aksinya pelaku ini menyamar sebagai ojek online. Pelaku menggunakan helm ojol yang didapat dari hasil membeli.

"Korban saat itu sedang berjalan sambil menelepon, kemudian dari arah belakang pelaku merebut dan merampas ponsel korban," kata dia.

Di saat yang bersamaan, korban berusaha melawan dan memegang motor pelaku. Sehingga, korban pun terseret oleh pelaku yang kabur usai menjambret.

"Korban melakukan perlawanan dan mempertahankan HP dan kemudian memegang motor, kemudian korban terseret 20 meter. Akibatnya korban mengalami luka di tangan dan kaki," tutur dia.

Kedua pelaku saat ini sudah mendekam di jeruji besi Mapolrestabes Bandung. Mereka dikenakan Pasal 365 KUHP dan Pasal 480 KUHP.

Sebelumnya, Video aksi penjambretan viral di media sosial. Dalam video, terlihat korban usai dijambret diseret oleh pelaku bermotor.

Video aksi penjambretan itu viral di media sosial (medsos). Dalam video yang dilihat pada Senin (1/3/2021) terlihat detik-detik aksi penjambretan tersebut.

Dalam video berdurasi 19 detik itu, terlihat ada seseorang orang berjilbab tengah berjalan di sisi jalan. Tak lama kemudian dari arah belakang, muncul seseorang menggunakan sepeda motor.

Pengendara motor itu lantas mendekat ke arah orang yang berjalan tersebut. Tiba-tiba terlihat tangan dari pengendara itu tampak mengambil sesuatu dari seseorang yang berjalan.

Video kemudian tampak disensor. Namun, berdasarkan video rekaman CCTV itu, korban terlihat seperti terseret cukup jauh.

Informasi dihimpun, kejadian itu terjadi di Jalan Soma, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. (dir/mud)