1 Juta Batang Rokok Ilegal Diselundupkan ke Bandung Via Ekspedisi

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 16:02 WIB
Sebanyak satu juta lebih batang rokok ilegal diselundupkan ke Bandung. Jutaan barang rokok itu diselundupkan melalui jasa ekspedisi.
Petugas Bea Cukai Bandung memeriksa rokok ilegal yang diselundupkan. (Foto: dok.Bea Cukai Bandung)
Bandung - Sebanyak satu juta lebih batang rokok ilegal diselundupkan ke Bandung. Jutaan barang rokok itu diselundupkan melalui jasa ekspedisi.

Jutaan batang rokok tersebut digagalkan berdasarkan penindakan yang dilakukan Bea Cukai Bandung dari awal Januari hingga Februari 2021. Total ada 465 kali penindakan yang dilakukan Bea Cukai Bandung.

"Adapun jumlah batang rokok yang berhasil ditindak mencapai 1.082.454 batang rokok illegal yang dikemas dengan berbagai macam merek dan berasal dari berbagai wilayah di Pulau Jawa," kata Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Bandung Satya Nugraha dalam keterangannya, Jumat (5/3/2021).

Dia menjelaskan penindakan itu dilakukan dalam rangka operasi pemberantasan rokok ilegal bersandi 'Gempur'. Rata-rata pengiriman rokok ilegal itu dilakukan melalui jasa ekspedisi.

"Operasi pemberantasan rokok ilegal dengan nama sandi Gempur ini tidak lepas dari inovasi penggunaan mobile X-Ray yang digagas oleh Bea Cukai Bandung serta peran kerja sama Jasa Ekspedisi di Wilayah Bandung Raya," katanya.

Menurut Satya, bila rokok tersebut berhasil diselundupkan akan menimbulkan kerugian negara. Bahkan kerugian negara bila jutaan rokok tersebut diedarkan mencapai ratusan juta rupiah.

"Potensi kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 554.010.790," kata Satya. (dir/bbn)