Lima Perusahaan Rintisan Terpilih Dalam ITB Startup Picthing Day 2021

Erna Mardiana - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 15:21 WIB
kampus
Foto: (ITB)
Bandung -

Sebanyak lima perusahaan rintisan terpilih dalam ITB Startup Picthing Day 2021. Mereka berhak mempresentasikan idenya di hadapan investor yang menjadi panelis. Lima startup itu bersaing dengan puluhan peserta lainnya yang mendaftar.

Lima startup yang terpilih adalah Jaramba, IZI, Diklatkerja, Linimasa, dan Celina. ITB Picthing Day 2021 digelar oleh The Greater Hub SBM ITB, MDI Ventures, e-Fishery, Mandiri Capital Indonesia, BRI Ventures dan juga didukung oleh salahsatu alumni yang kini jadi calon Ketua Umum IA ITB Hariyono.

Kegiatan ITB Startup Pitching Day diselenggarakan secara daring sepenuhnya pada tanggal 3 Maret 2021 . Ada 90 peserta yang mendaftarkan diri, baik dari kalangan alumni ITB maupun umum.

Hariyono, yang juga Ketua Ikatan Alumni Teknik Informatika (IAIF) ITB, mengatakan kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan ekosistem startup di Indonesia, khususnya di kalangan alumni ITB, supaya kelak bermunculan unicorn baru besutan alumni ITB setelah Bukalapak.com yang didirikan oleh Achmad Zaky, alumni Teknik Informatika ITB.

"Alumni muda ITB memiliki potensi yang luar biasa dan memiliki semangat kewirausahaan yang perlu didukung penuh oleh Ikatan Alumni. ITB Startup Pitching Day ini merupakan prototipe program kerja yang akan saya lakukan jika terpilih menjadi Ketua Umum IA ITB," ujarnya dalam rilis yang diterima redaksi, Jumat (5/3/2021).

Untuk mewujudkan itu, kata dia, diperlukan tiga program penting yaitu IA ITB Fund (pendanaan bagi startup), IA ITB Sandbox (inkubator bisnis), dan professional mentoring (jejaring startup dan alumni senior yang berpengalaman di industri).

Sementara itu Dina Dellyana, Direktur The Greater Hub SBM ITB, mengatakan kegiatan ini untuk melihat sejauh mana startup yang ada bisa menjelaskan bisnisnya kepada calon investor dengan baik. "Startup yang bisa menarik minat investor saat pitching itu adalah yang antusias, terstruktur, dan bisa memvisualisasikan bisnisnya dengan baik," katanya.

Arya Setiadharma, CEO Prasetia Dwidharma, memberikan tips agar para startup bisa menarik perhatian investor. "Ketika mo day, presentasi startup biasanya dilakukan dengan singkat, jadi sebaiknya menggunakan teknik bercerita (storytelling) yang menggugah emosi," saran Arya.

(ern/err)