Bea Cukai Bandung Gagalkan Pengiriman Paket Tembakau Gorila

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 16:25 WIB
Tembakau gorila
Foto: Tembakau gorila (Istimewa).
Bandung -

Petugas Bea dan Cukai Bandung menggagalkan pengiriman paket berisi tembakau gorila. Paket narkotik itu hendak dikirim melalui jasa ekspedisi.

Pengamanan itu dilakukan petugas Bea dan Cukai Bandung pada Minggu (28/2) lalu. Barang bukti paket narkotik itu diamankan di kantor salah satu ekspedisi di Bandung.

Temuan ini berdasarkan laporan informasi dari tim Cyber Surveilance Bea Cukai terkait adanya pengiriman NPP jenis tembakau gorilla atau sintetis dari Majalengka tujuan Kabupaten Bandung.

"Tim melakukan pemeriksaan terhadap paket tersebut dengan pihak ekspedisi dan ditemukan tembakau iris berwarna cokelat yang diduga tembakau gorila atau sintetis," ucap Kasi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Bandung Setya Nugraha dalam keterangannya, Kamis (4/3/2021).

Paket tersebut diketahui dikirim dari Majalengka menuju ke Bandung. Paket tersebut dibungkus plastik hitam dengan ditambahkan pemberat potongan genteng.

Saat dibuka, tim menemukan adanya bungkusan diduga tembakau gorila. Dari hasil penghitungan, diketahui paket tembakau tersebut seberat kurang lebih lima gram.

"Disembunyikan di dalam sarung dibungkus plastik hitam serta ditambahkan pemberat berupa potongan genteng di dalam paket tersebut," kata dia.

Temuan barang bukti itu pun sudah diserahkan ke pihak kepolisian Polresta Bandung untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Berkoordinasi dengan Polres Bandung, dilakukan penindakan terhadap penerima paket yang beralamat di Kabupaten Bandung," tuturnya.

Tonton juga Video: Polres Cianjur Ringkus 10 Pengedar Sabu-Tembakau Gorila Jaringan Lapas

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)