Jumlah Warga Positif COVID-19 Usai Ziarah ke Tasikmalaya Bertambah

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 18:31 WIB
Satu RW di Desa Sariwangi bandung Barat dilockdown
Foto: Whisnu Pradana
Bandung Barat - Jumlah warga positif COVID-19 usai ziarah ke Tasikmalaya bertambah empat orang. Dari 70 warga yang ikut ziarah, kini 43 warga Kampung Pangkalan, Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang positif COVID-19.

Dari 43 orang yang terpapar corona itu, empat orang sudah dinyatakan sembuh. Selain itu terungkap satu warga dengan status probable meninggal.

"Satu probable meninggal dunia. Dia engga ikut ziarah ke Tasikmalaya, tapi keluarganya ada yang ikut. Meninggalnya tanggal 21 Februari kemarin. Karena probable, pemakamannya sesuai protokol COVID-19," ujar Plt Kepala Puskesmas Ciwaruga Ika Jatnikawati, Rabu (3/3/2021).

Menurutnya saat ini, jumlah pasien yang aktif sebanyak 39 orang karena 4 orang sudah sembuh. "Dari jumlah itu, dua orang dirawat di rumah sakit tapi sudah melewati masa kritis," ujarnya.

Sementara total kontak erat yang berhasil ditelusuri sebanyak 147 orang. Sebanyak 25 orang di antaranya sudah menjalani swab test.

"Sudah ada 25 orang yang menjalani swab test. Tinggal menunggu hasilnya keluar. Lalu ada tujuh orang lagi yang mau swab test, sisanya masih banyak yang belum," terangnya

Berdasarkan hasil penelusuran Puskesmas Ciwaruga sumber penularan COVID-19 tersebut berasal dari tiga warga positif COVID-19 namun berstatus OTG. Tiga orang tersebut ikut dalam kegiatan ziarah ke Tasikmalaya yang dilaksanakan pada pekan lalu. Kini kawasan itu dilakukan lockdown.

Lihat juga Video: 375 Santri di Ponpes Tasikmalaya Positif Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)