Terpapar Corona B117, Dua Warga Karawang Jalani Isolasi Mandiri

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 14:06 WIB
Yellow SARS-CoV-2 lineage B.1.1.7 mutation virus tape barrier beyond a quarantine point.
Ilustrasi virus Corona B117. (Foto: Getty Images/iStockphoto/serts)
Bandung - Dua warga Kabupaten Karawang terjangkit virus Corona B117. Kini keduanya menjalani isolasi mandiri yang dipantau Satgas COVID-19 Karawang.

"Walaupun tadi dilaporkan dua itu per hari ini, dua pasien sudah negatif," ujar Kang Emil --sapaan Ridwan-- di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

"Iya negatif dari virus varian baru," kata Emil menegaskan saat ditanya lagi terkait status negatif dua warga Karawang itu.

Emil masih belum bisa meyakini betul terkait status negatif kedua warga Karawang itu. Sehingga, menurut dia, isolasi tambahan dilakukan terhadap mereka. Sebelumnya, dua warga Karawang itu sudah menjalani isolasi mandiri selama 10 hari begitu mendarat dari perjalanan internasional.

"Masih isolasi. Kita masih belum yakin, kita isolasi di rumah masing-masing karena sudah negatif," ucapnya.

"Faktanya hadir di Indonesia, menjangkiti dua warga Karawang, kita lagi kontak tracing tapi dua itu per hari ini sudah negatif, tapi kita akan tes berkali-kali untuk memastikan tidak ada hal lain yang merugikan," kata Emil menambahkan.

Selain itu, kata Emil, pihaknya sudah menginstruksikan Pemkab Karawang dan tim Satgas COVID-19 untuk melakukan tracing terhadap dua warga tersebut.

"Saya titip kepada Bupati Karawang, kepada Dandim, Kapolres seluruh jajaran jangan sampai kecolongan membesar, akhirnya kita tidak bisa mengendalikan. Mumpung baru kecil dan mungkin ada hal lain untuk segera bisa terdeteksi. Kita tahu kalau sudah telat harga treatment sangat mahal sekal," tutur Emil.

Simak video 'Mutasi Corona Inggris Masuk RI, Satgas Minta Prokes Diperketat':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/bbn)