Hari Tanpa Bayangan di Majalengka, Warga: Mendung Enggak Kelihatan

Bima Bagaskara - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 13:18 WIB
Hari Tanpa Bayangan di Majalengka.
Foto: Hari Tanpa Bayangan di Majalengka (Bima Bagaskara/detikcom).
Majalengka - Fenomena hari tanpa bayangan terjadi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat pada Rabu (3/3/2021). Bayangan mulai hilang tak terlihat pada pukul 11.59.01 WIB. Fenomena itu tidak banyak disadari masyarakat yang tengah berada di luar rumah. Namun fenomena alam itu tidak bisa terlihat karena matahari tertutup awan.

Pantauan detikcom di lapangan kantor Setda Majalengka, sejumlah warga yang penasaran terhadap fenomena hari tanpa bayangan mulai berkumpul untuk membuktikan bahwa bayangan benar-benar hilang.

Namun sayangnya, saat waktu menunjukkan pukul 11.59.01, cuaca di Majalengka sedang tidak bersahabat karena awan hitam menutupi langit dan membuat bayangan tidak terlihat jelas.

Meski begitu warga tetap membuktikan fenomena hari tanpa bayangan dengan berdiri di tengah lapangan sembari melihat bayangan mereka masing-masing.

"Iya semalam dapat info sekarang itu ada fenomena hari tanpa bayangan. Makanya sekarang mumpung istirahat saya coba mau buktiin, tapi sayangnya mendung jadi enggak keliatan," kata Puteri yang juga merupakan pegawai di Setda Majalengka.

Hal yang sama juga dilakukan Jaja yang tengah berada di Alun-alun Majalengka. Jaja mencoba membuktikan fenomena hari tanpa bayangan dengan menaruh sebuah botol minuman.

"Mendung mas tadi saya coba pakai botol minuman bayangannya enggak jelas. Padahal penasaran, tadinya kalau emang enggak ada bayangan mau di foto di posting di Instagram," singkatnya.

Fenomena hari tanpa bayangan sendiri dikenal dengan sebutan kulminasi yang berarti letak matahari berada tepat di posisi paling tinggi di langit dan tepat berada di atas kepala pengamat atau titik zenit.

"Akibatnya bayangan benda tegak akan terlihat menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri, sehingga disebut dengan hari tanpa bayangan," kata Prakirawan BMKG Jatiwangi Ahmad Faa Izyin.

Tercatat hari ini ada empat daerah yang mengalami fenomena hari tanpa bayangan. Keempat daerah itu ialah Majalengka, Sumedang, Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon.

"Untuk Indramayu hari Kamis besok terjadi pukul 11.58.25 WIB. Sementara untuk Kuningan sudah hari Selasa kemarin," lanjutnya.

Menurut Faiz sapaan akrabnya hari tanpa bayangan di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan dan Sumedang biasa terjadi sebanyak dua kali dalam satu tahun. Hari tanpa bayangan biasanya terjadi di bulan Maret dan Oktober.

Simak juga 'Fenomena Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Banyuwangi':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)