Virus Corona B117 Masuk Karawang, Begini Langkah Satgas Jabar

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 12:20 WIB
Bandung -

Satgas COVID-19 Jawa Barat membuat langkah cepat untuk mengantisipasi penyebaran virus B117 yang merupakan mutasi dari virus Corona. Hari ini, tim dari Kemenkes dan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten tengah melakukan survei lapangan untuk melacak keberadaan virus ini lebih jauh.

"Sesuai dengan statement pak gubernur, hari ini tim dari Kemenkes dan Dinkes sedang survei ke lapangan," ujar Ketua Harian Satgas COVID-19 Jabar Daud Achmad saat dihubungi detikcom, Rabu (3/3/2021).

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaporkan varian baru virus Corona ditemukan di Karawang. Kendati begitu, Daud maupun Emil --sapaan Ridwan-- belum dapat memastikan berapa banyak pasien yang terpapar virus tersebut.

, Emil mengimbau agar warga tetap tenang dan tak panik. Langkah antisipasi telah dilalukan sejak awal karena satgas telah memprediksi bahwa virus ini akan bermutasi. "Ikhtiar kita sesuaikan dan kita tingkatkan," ucap Emil di RSP Unpad, Kota Bandung.

Sebelumnya, Bertepatan dengan peringatan setahun Corona di Indonesia, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono melaporkan temuan 2 kasus mutasi virus Corona B117 asal Inggris di Indonesia. Ini menjadi kasus pertama di Indonesia sejak varian tersebut sejak mewabah di Inggris September 2020.

"Tepat 1 tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117, UK mutation, di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus," ujarnya dalam acara virtual peringatan 1 tahun pandemi oleh akun YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3/2021).

Wamenkes Dante menyebut, dengan ditemukannya kasus ini, penanganan pandemi di Indonesia akan semakin sulit.

(yum/bbn)