32 Warga Cibadak Sukabumi Keracunan Makanan, Dinkes Dirikan Posko

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 20:09 WIB
Puluhan warga Cibadak Sukabumi keracunan makanan
Puluhan warga Cibadak Sukabumi keracunan makanan (Foto: Dok warga)
Sukabumi -

32 orang warga di Kampung Ciheulang Tonggoh, Desa Ciheulang, Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi mengalami keracunan makanan. Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi mendirikan Posko Kesehatan di sekitar lokasi kejadian.

Informasi yang diperoleh detikcom, keracunan sendiri berasal dari kegiatan 40 harian meninggalnya salah seorang warga yang digelar pada Sabtu (27/2). Pada Minggu (28/2) satu persatu warga mulai merasakan efek keracunan.

"Jumlah total 32 orang, sebagian sudah berangsur sembuh. Dari jumlah tersebut 3 orang diantaranya sudah berobat dengan inisiatif sendiri kemudian ada yang dirujuk ke RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi dan ke RSUD Sekarwangi, Cibadak," kata Harun Alrasyid, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi kepada detikcom, Senin (1/3/2021).

Hingga saat ini selain mendapat penanganan medis rumah sakit, korban keracunan juga mendapat penanganan di Posko Kesehatan yang didirikan di sekitar lokasi. Total hingga hari ini masih ada 7 orang yang masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit, 6 lainnya di posko.

"Ada 6 orang yang masih mendapat perawatan di posko, mereka kita berikan cairan. Kebanyakan keluhannya mual dan pusing," imbuh Harun.

"Kalau dugaan sementara dari makanan 40 harian dalah seorang warga, apakah bersumber dari (bakteri) e-coli atau bakteri lainnya nanti kita periksakan. Sampel makanan akan kita kirimkan ke Labkesda di Provinsi Jawa Barat," sambung Harun.

(sya/mud)