Mobil 'Si Hijau' Hibur Anak Terdampak Banjir di Karawang

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 22:09 WIB
Mobil Si Hijau Multifungsi Milik Kodim Karawang
Para bocah terdampak banjir itu terlihat riang menonton film kartun dari layar yang menempel di mobil 'Si Hijau'. (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)
Karawang -

Mobil berjuluk 'Si Hijau' ini menjadi andalan Dandim 0604 Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo. Kendaraan tahun 1980 buatan Jepang itu disulap menjadi kendaraan multifungsi.

"Mobil tua ini kita rancang untuk kebutuhan multifungsi dalam keadaan apapun. Bisa dikatakan posko keliling bagi kebutuhan sosial atau kemanusiaan lainnya," ujar Medi, Sabtu (26/2/2021).

Selama ini, menurut Medi, 'Si Hijau' sudah menjelajah keliling Karawang. "Meski tua, mobil ini benar-benar menjadi unggulan bagi Kodim Karawang, 'Si Hijau' ini sudah giat ke berbagai daerah terpencil," kata Medi.

Kendaraan ini dimodifikasi hampir keseluruhan interior dan eksteriornya. Salah satunya menempelkan layar sentuh berukuran besar untuk digunakan dalam berbagai kegiatan.

Mobil 'Si Hijau' Multifungsi Milik Kodim KarawangMobil 'Si Hijau' multifungsi milik Kodim Karawang. (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)

'Si Hijau' datang menyapa anak-anak yang terdampak banjir di Kampung Kampek, Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat. Para bocah itu mengikuti pemulihan trauma di area pengungsian.

"Mobil ini kita modifikasi sedemikian rupa. Bahkan diapresiasi oleh Pangdam sebagai inovasi pemanfaatan sesuai kebutuhan, seperti dipasang layar sentuh ukuran 55 inci dan tentunya bisa memutar film anak-anak dalam trauma healing," kata Medi.

"Semoga 'Si Hijau' ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, meski baru satu unit. Mudah-mudahan bisa difungsikan dengan maksimal serta bisa mengobati fisik dan mental masyarakat," ucap Medi menambahkan.

Mobil 'Si Hijau' Multifungsi Milik Kodim KarawangMobil 'Si Hijau' milik Kodim Karawang ini dilengkapi layar sentuh. (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)

Para bocah terdampak banjir itu terlihat riang menonton film kartun dari layar yang menempel di mobil 'Si Hijau'. Sejumlah anggota Kodim Karawang berbaur dan turut larut menghibur mereka.

"Sebenarnya giat ini sudah dilakukan dari awal banjir, nonton film kartun bareng-bareng bersama anak-anak yang lain. Anak saya riang, bahkan kadang nanyain kapan lagi," ucap Kokom Komala (28), orang tua anak.

(bbn/bbn)