Banjir Rendam Permukiman Warga di Pamanukan Subang

Dian Firmansyah - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 14:27 WIB
Banjir di Pamunakan Subang
Banjir di Pamanukan Subang. (Foto: Dian Firmansyah/detikcom)
Subang -

Hujan mengguyur Kabupaten Subang membuat aliran Sungai Cipunagara meluap. Akibatnya permukiman warga di Desa Mulyasari Pamunakan terendam banjir.

Air menggenangi rumah-rumah warga dengan ketinggian sekitar 40 sentimeter. Warga setempat harus kembali mengungsi.

Kabid Pencegahan Bencana BPBD Kabupaten Subang Tarkiman mengatakan ketinggian air di Sungai Cipunagara menyentuh level awas atau 6,7 mdpl yang dipantau pada Jumat (26/02) pukul 20.00 WIB. "Ini banjir ke empat kalinya, semalam ketinggian segitu (6,7 mdpl). Ada satu tanggul yang sebelumnya jebol, sampai sekarang belum diperbaiki karena mobil untuk bahan material belum bisa masuk ke sana," ujar Tarkiman melalui sambungan telepon, Sabtu (27/02/2021).

"Perbaikan tanggul masih terus berjalan, tapi air keburu datang lagi masuk ke tanggul yang belum di perbaiki," dia menambahkan.

Air mulai menggenangi pemukiman sejak Jumat (26/02) malam. Warga langsung mengungsi karena air masuk ke dalam rumah merendam tempat tidur.

"Kalau belum surut balik lagi ke pengungsian," kata Sariadi, warga setempat.

Sejumlah warga mesti kembali ke tempat pengungsian karena terjangan banjir. Padahal mereka sudah sempat membersihkan rumahnya.

"Baru selesai bersih-bersih rumah air kembali masuk ke rumah ya terpaksa ngungsi lagi," kata warga lainnya, Asih, di lokasi pengungsian.

(bbn/bbn)