Jalan Penghubung 2 Desa di Karawang Terputus Akibat Terendam Banjir

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 11:50 WIB
Jalan penghubung dua desa di Karawang terputus akibat terendam banjir.
Foto: Kondisi jalan yang terputus akibat terendam banjir (Yuda Febrian Silitonga/detikcom).
Karawang - Jalan penghubung Desa Sukamakmur dengan Karangligar di Kabupaten Karawang terputus akibat terendam banjir. Kondisi itu menyebabkan aktifitas warga terganggu.

Berdasarkan pantauan di lapangan banjir masih terlihat menggenani akses jalan utama penghubung dua desa tersebut. "Sudah enam harian terputus," kata Dadang (45) warga Kampung Tegalluhur, Desa Sukamakmur, Kecamatan Telukjambe Barat, Kamis (25/2) pagi.

Dia mengungkapkan jalan yang terputus merupakan jalan utama penghubung dua desa. Aktifitas warga cukup terganggu akibat terputusnya jalan tersebut.

"Jalan ini penghubung ke Desa Karangligar," katanya.

Selain itu, lanjutnya, banjir tahun ini lebih besar melanda desanya. Bahkan terjadi dua kali dalam satu bulan.

"Dua kali dalam satu bulan banjir terjadi," tandasnya.

Sebelumnya, berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Karawang, Desa Sukamakmur dan Desa Karangligar termasuk dalam kategori terdampak banjir yang tinggi. Ketinggian air di wilayah tersebut bisa mencapai atap rumah, atau 2 sampai 3 meter lebih.

Bahkan dalam catatan banjir yang dimiliki oleh Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai Citarum (ForkadasC+), dua desa tersebut termasuk desa yang sering terkena banjir

"Dua desa tersebut, bisa dikatakan kampung air, karena setiap tahunnya selalu terdampak banjir. Namun, hingga saat ini solusi yang diberikan pemerintah belum pernah terealisasi," ujar Ketua Umum ForkadasC+ Yazid Alfaizun saat dihubungi melalui telepon selular. (mso/mso)