Pura-pura Jadi Petugas Medis, Pencuri Gasak Emas Milik Lansia di Sumedang

Muhamad Rizal - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 20:54 WIB
Korban pencurian di Sumedang
Foto: Korban pencurian di Sumedang (Muhamad Rizal/detikcom).
Sumedang -

Seorang lansia di Sumedang jadi korban pencurian. Para pencuri yang berpura-pura sebagai petugas medis berhasil menggondol emas seberat 20 gram milik lansia tersebut.

Menurut Edeh Tarsih (80) korban pencurian, mengungkapkan kedatangan tiga orang perempuan yang mengaku dari tenaga kesehatan untuk memeriksa dirinya dengan diiming-imingi pengobatan terapi atau pemeriksaan kesehatan secara gratis pada Rabu (24/02/2021) siang di rumahnya.

"Ada tiga orang yang mengetok pintu sebanyak 3 orang perempuan semua, cuman di luar ada mobil parkir cuman enggak diingetin sama cicit saya, cuman keadaan mobil yang masih nyala," ujar Edeh saat ditemui.

Dia mengatakan ketiga terduga pelaku pencurian ini juga datang dengan mengatasnamakan dari pemerintah setempat untuk melakukan pengobatan terapi.

"Mereka bilang kalau mereka teh ini tugas dari pemerintah hanya untuk yang mempunyai penyakit akan diterapi dan terus akan diberikan obat. Setelah saya tanya harganya? terus kata mereka gratis," katanya.

Setelah itu, korban langsung diajak untuk berbaring untuk diperiksa di dalam rumahnya. Pada saat dilakukan pemeriksaan terapi tersebut, Edeh mengaku mendengar suara lemari yang terbuka.

"Nah emak teh langsung disuruh tiduran buat diperiksa cuman emak ngedenger ada suara lemari yang kaya terbuka. Di situ juga emak nyimpen perhiasan-perhiasan emak," kata Edeh.

Sementara itu, polisi yang mendapat laporan pencurian tersebut langsung bergerak menuju TKP untuk melakukan penyelidikan.

"Ketiga perempuan terduga pelaku pencurian diperkirakan umurnya di bawah 30 tahunan," kata Kanit Reskrim Polsek Rancakalong Ipda Masrinaldy.

Berdasarkan keterangan yang didapat, dia menyebut, salah satu pelaku yang mengambil emas milik korban. Saat itu korban tengah melakukan pengobatan dengan pelaku lainnya.

"Dari salah satu korban meninggalkan korban dan mendekati lemari yang emasnya itu disimpan di dalam lemari," ungkapnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan ada 20 gram emas yang berhasil dicuri oleh para pelaku. "Menurut keterangan dari korban 2 gelang yang totalnya hingga 20 gram," ucapnya.

Saat ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait tindakan pencurian tersebut.

Simak video 'Aksi Emak-emak Pencuri Emas di Tasikmalaya Terekam CCTV':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)