Jalan Desa di Cianjur Terputus Akibat Longsor, 1.000 Warga Terisolir

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 19:18 WIB
Jalan desa di Cianjur ambles gegara longsor.
Foto: Jalan desa di Cianjur ambles gegara longsor (Ismet Selamet/detikcom).
Cianjur -

Longsor dan pergerakan tanah terjadi di Desa Batulawang Kecamatan Cipanas Cianjur, Jawa Barat. Akibatnya seribuan warga di lima RT terisolir lantaran akses jalan ambles.

Kepala Desa Batulawang Nanang Rohendi mengatakan pergerakan tanah di desanya sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu. Namun intensitas hujan yang tinggi membuat tanah yang labil dan terjadi pergerakan berujung longsor.

"Kalau longsor terjadi kemarin. Setelah lokasi yang memang mengalami pergerakan tanah diguyur hujan deras selama beberapa jam," kata dia, Rabu (24/2/2021).

Menurutnya panjang jalan yang ambles akibat longsor mencapai 100 meter dengan kedalaman sekitar 50 meter. "Selain jalan ambles sedalam 200 meter, tebing di atasnya setinggi 25 meter juga longsor. Jadi jalan itu awalnya longsor dari atas, kemudian jalannya ambles ke bawah," ucapnya.

Menurutnya jalan tersebut merupakan akses satu-satunya yang menjadi penghubung lima kampung. Akibatnya 1.000 jiwa terisolir, sebab kendaraan tidak bisa melintas.

"Aktivitas warga lumpuh. Kalaupun memaksakan untuk melintas harus hati-hati karena sewaktu-waktu bisa terjadi lagi longsoran. Tanahnya kan labil," katanya.

Selain itu, lanjut dia, 15 rumah warga dan satu bangunan sekolah yang berada di bawah jalan yang ambles juga terancam.

"Sementara warga yang rumahnya terancam dievakuasi dan diungsikan ke rumah kerabatnya. Karena kalau masih menempati rumah yang sekarang, khawatir terjadi longsor susulan dan menimbun penghuni rumah," kata dia.

Sementara itu Sekretaris BPBD Cianjur Irfan Sopyan mengungkapkan BPBD telah menurunkan anggotanya untuk melakukan pendataan dan peninjauan kondisi terkini tanah di desa tersebut.

"Anggota kita sudah kesana untuk mendata berapa orang yang harus di evakuasi serta melakukan peninjauan kondisi tanah terkini," katanya.

Dia juga berkomunikasi dengan instansi terkait jika relokasi diperlukan. "Jika memang harus relokasi, kita akan relokasi. Makanya kami juga koordinasi dengan dinas terkait," ujarnya.

Simak video 'Jalan Nasional Ciamis-Cirebon Tertimbun Longsor, Lalu Lintas Lumpuh!':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)